Pemahaman Agama Tekstual Dorong Tumbuhnya ISIS


Jember, WartaIslami.com ~ Pemahanam terhadap ajaran agama secara tekstual merupakan salah satu penyebab tumbuhnya gerakan radikal seperti ISIS. Misalnya beberapa hadits dan ayat al-Qur'an yang terkait dengan perintah jihad dipahami secara tekstual akan menumbuhkan gerakan semacam itu.

Pemahaman seperti bertemu dengan orang yang pengetahuan agamanya dangkal, maka akan  langsung menerima tanpa "diolah" dulu. "Celakanya, ayat-ayat atau hadits semacam itu, terus didengungkan oleh agen kelompok radikal dan ditelan begitu saja oleh orang," ucap Wakil Ketua PCNU Jember, H. Misbahus Salam saat menjadi nara sumber dalam acara "Dilaog Membendung Radikalisme di Indonesia" di aula kantor NU Jember, Ahad (12/4).

H. Misbah menambahkan, biasanya yang menjadi target rekruitmen agen kelomppk radikal adalah orang yang dari sisi pendidikan tergolong kelas menengah  ke atas, namun pengatahuan agamanya masih tanggung.

Biasanya, lanjut dia, mereka yang bergabung itu langsung menjadi militan karena pengaruh doktrin itu sangat kuat. Salah satu yang didoktrinkan adalah kewajian berjihad di jalan Allah dan hadiah surga bagi mereka yang mati dalam berjihad.

"Kalau doktrin itu sudah begitu mantap, siapa yang bisa menolak. Karena mereka berpikir, toh hadiahnya surga," jelasnya.

Narasumber lain dari Mapolres Jember diwakili Satuan Intelkam Ali Setiyono. Menurutnya, sampai detik  ini, belum di Jember yang belum ada gerakan ISIS. Kendati demikian, Ali menegaskan bahwa gerakan radikal selain ISIS sudah bermunculan di Jember

Acara tersebut diselenggarakan Pimpinan Cabang Muslimat NU yang dihadirri oleh 100-an pengurus Ancab dan Ranting Muslimat NU Jember. (Aryudi A. Razaq/Abadullah Alawi)
http://www.muslimedianews.com/2015/04/mewaspadai-modus-baru-hti-dengan.html
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Pemahaman Agama Tekstual Dorong Tumbuhnya ISIS"

Post a Comment

close