Gus Mus Nilai SE Kapolri tentang "Hate Speech" Baik, asalkan....


WartaIslami.com ~ Surat Edaran Kapolri tentang penanganan ujaran kebencian atau hate speech dinilai baik oleh tokoh agama sekaligus budayawan KH Ahmad Mustofa Bisri.

Gus Mus, sapaan akrabnya, memandang perlu adanya SE tersebut di tengah era keterbukaan sekarang ini.

"Saya setuju (dengan SE Kapolri), asal tidak menghambat kebabasan bereksepresi manusia itu sendiri dan tidak berbenturan dengan kebebasan orang lain," ujar Gus Mus di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (4/11/2015) malam.

Menurut Gus Mus, SE Kapolri itu dikeluarkan karena era digital saat ini menjadikan banyak orang yang mengeluh, berbicara bebas di media sosial tapi dengan cara yang sudah berlebihan.

Mereka sudah cenderung menjelek-jelekkan, saling fitnah dan bully, bahkan kepada orang yang tidak dikenal sekali pun.

"Kebebasan itu sebenarnya akan terhenti ketika bertentangan dengan kebebasan orang lain. Sama dengan orang menyetel radio keras-keras, boleh apa tidak? mengganggu atau tidak?" kata Gus Mus.

"Maka, jangan sampai kebebasan dan demokrasi itu diartikan mengganggu kebebasan orang lain,” ujarnya.

Pemimpin Pondok Pesantrean Raudlatuh Tholibin Leteh Rembang ini mengatakan, masyarakat saat ini ibarat burung yang bebas setelah dikurung dalam sangkar selama 32 tahun. Begitu sangkar dibuka, burung-burung ini akan bertingkah tak karuan untuk melepaskan diri.

Demikian halnya ketika kran informasi terbuka lebar kebanyakan orang belum siap menyikapinya, malah digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

“Saya lihat di grup media sosial, ada yang hobinya menjelek-jelekkan orang lain. Jika ini menjadi sebuah kebiasaan dan hobi, sangat berbahaya. Apalagi, menjelekkan orang yang tidak dikenal,” ujarnya.

Rois Syuriah PBNU itu mengingatkan bahwa lebih penting dari semuanya adalah pendidikan. Pendidikan tentang budi pekerti, kesenian, agama dinilai perlu ditinjau kembali untuk bekal generasi yang akan datang.

"Pendidikan sekarang lebih ke akal, banyak orang yang pandai tapi tidak terdidik, tidak diperkenalkan pada keindahan," tutur Gus Mus.

"Maka, lebih perlu mempersiapkan pendidikan atau paling tidak ada keseimbangan dengan hati, sehingga manusia akan siap menerima kebebasan itu," ucapnya.

Sumber : Kompas.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Gus Mus Nilai SE Kapolri tentang "Hate Speech" Baik, asalkan...."

Post a Comment

close