Rais Aam PBNU Tidak Mengharamkan Ucapkan Selamat pada Perayaan Hari Besar Agama Lain


Wartaislami.com ~ KH. Ma’ruf Amin, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak pernah melarang atau mengharamkan umat Islam untuk mengucapkan selamat Hari Raya pada umat agama lain.

Sekretaris Jenderal PBNU, Ahmad Helmy Faishal Zaini menyampaikan bahwa telah beredar informasi baik berupa link maupun grafis yang menyebutkan Kyai Ma’ruf mengharamkan ucapan selamat pada perayaan hari raya umat lain. Setelah bertabayun (kroscek) dengan Kyai Ma’ruf, Sekjen PBNU mengatakan informasi tersebut tidak benar.

Kyai Ma’ruf Amin mengatakan bahwa mengucapkan selamat pada perayaan hari besar antar agama itu merupakan langkah membangun ukhuwah basyariyah, persaudaraan sesama manusia.

“Jika umat Kristiani menyampaikan Selamat Hari Idul Fitri dan sebaliknya umat Islam menyampaikan Selamat Hari Natal pada umat Kristen, ataupun pada Hari Besar umat Hindu, Budha, itu merupakan bagian dari toleransi sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk saling menghormati dan menghargai tanpa saling mengganggu kepercayaan dan keyakinan masing-masing.” klarifikasi Kyai Ma’ruf Amin melalui Sekjen PBNU. Kamis, (17/12/2015)

Islam sendiri mengajarkan nilai-nilai toleransi dan moderasi (tawassuth, tasamuh, tawazun) agar harmoni kehidupan dan keberagamaan terus tercipta.

Helmy menegaskan bahwa orang-orang yang membuat dan menebarkan informasi tersebut telah menebarkan fitnah dan adu domba yang dapat mengancam perpecahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu Helmi meminta aparat terkait menindak tegas mereka.

sumber : arrahmah.co.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Rais Aam PBNU Tidak Mengharamkan Ucapkan Selamat pada Perayaan Hari Besar Agama Lain"

Post a Comment

close