Apa Rahasia Kuatnya Hati Mukmin dalam Menghadapi Ancaman?


Wartaislami.com ~ Sungguh manusiawi jika hati manusia berdebar dan bergejolak ketika menghadapi fitnah, ancaman dan tantangan. Apalagi bahaya yang ada dihadapannya telah mengancam kesalamatan diri dan keluarga, tentu rasa khawatir itu selalu membayangi pikirannya.

Tak terkecuali orang-orang yang sedang berjuang untuk menjalankan misi Allah swt. Terkadang rasa takut dan khawatir itu muncul dan menggetarkan hatinya.

Namun Allah swt tidak akan Mengabaikan perjuangan mereka. Tuhan yang Maha Pengasih ini telah Menyiapkan anugerah khusus untuk Mengokohkan hati hamba-Nya. Sehingga para pejuang ini memiliki kekuatan dan ketabahan yang lebih untuk menghadapi segala ancaman dan bahaya.

Kita akan mengingat kisah Ibunda Musa yang gelisah memikirkan nasib bayinya yang ia hanyutkan di sungai. Apa bedanya bayi ini dirampas oleh Fir’aun atau dihanyutkan ke sungai? Sama-sama harus terpisah darinya. Dan saat itulah ia berada dalam kebingungan yang sangat dan ingin mengambil kembali bayi itu.

Namun Allah Menguatkan hatinya, sekiranya ia mengejar bayi di sungai dan mengambilnya kembali, maka Fir’aun akan mengetahui dan membunuh bayi itu.

وَأَصْبَحَ فُؤَادُ أُمِّ مُوسَى فَارِغاً إِن كَادَتْ لَتُبْدِي بِهِ لَوْلَا أَن رَّبَطْنَا عَلَى قَلْبِهَا لِتَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

“Dan hati ibu Musa menjadi kosong. Sungguh, hampir saja dia menyatakannya (rahasia tentang Musa), seandainya tidak Kami teguhkan hatinya, agar dia termasuk orang-orang yang beriman (kepada janji Allah).” (QS.Al-Qashas:10)



Begitu pula dengan Ashabul Kahfi yang berada dalam tekanan dan ancaman semasa hidupnya. Kemudian Allah Mengokohkan hati mereka untuk terus berada dalam keimanan, sehingga tak ada yang mampu merubah keyakinan mereka kepada Allah swt.

وَرَبَطْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَهاً لَقَدْ قُلْنَا إِذاً شَطَطاً

Dan Kami Teguhkan hati mereka ketika mereka berdiri lalu mereka berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami tidak menyeru tuhan selain Dia. Sungguh, kalau kami berbuat demikian, tentu kami telah mengucapkan perkataan yang sangat jauh dari kebenaran.” (QS.Al-Kahfi:14)



Para pejuang dijalan Allah bukan hanya mereka yang berperang di medan peperangan. Seorang guru, dokter, buruh ataupun pelajar bisa memperjuangkan misi Allah dalam bidangnya masing-masing.

Tapi ingat ! Musuh Allah tidak akan diam melihat orang-orang yang berjuang demi tercapainya Misi-Nya di muka bumi, segala ancaman dan teror akan terus dilancarkan kepada para pejuang Islam. Maka tabahkan hati karena Allah tidak akan Diam dengan perlakuan musuh kepada para pejuang dijalan-Nya. Pasti Allah akan Menguatkan hati mereka untuk terus berada dalam jalan keimanan.

Karena itu jangan heran jika melihat hati orang-orang mukmin yang kuat dan tabah walau ancaman dan teror terus menyerang kehidupan mereka. Karena dibalik semua itu ada Anugerah Allah yang selalu Menguatkan hati mereka.

يُثَبِّتُ اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ

“Allah Meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat.” (QS.Ibrahim:27)





Source: www.khazanahalquran.com

0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Apa Rahasia Kuatnya Hati Mukmin dalam Menghadapi Ancaman?"

Post a Comment

close