Gus Mus Dinobatkan Jadi Tokoh Penegak Toleransi Dalam Beragama


Wartaislami.com ~ Tokoh lintas agama dan ratusan simpatisan KH Abdurrahman Wahid meramaikan peresmian Rumah Pergerakan Griya di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 8 pengagsaan, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan tersebut serangkaian acara seperti penampilan seni, penganugrahan Gus Dur Award 2016 untuk pertama kalinya turut memeriahkan acara ini pada Minggu (24/1).

Putri Gus Dur, Yenny Wahid menjelaskan telah bermusyawarah dengan keluarga dalam memutuskan pemberian Gus Dur award kepada tiga tokoh atas sikapnya yang selaras dengan pemikiran Gus Dur. Ia mengatakan “Ada tiga kategori yang kesemuanya itu sifat dasar Gus Dur, agama, sosial, dan pemerintah,” dilansir dari Nu Online.

Ia melanjutkan, “Dari keriteria itu, pantaslah diberikan kepada KH Mustofa Bisri atau yang akrab kita panggil Gus Mus. Beliau bahkan pernah menolak jabatan tertinggi dalam Nahdatul Ulama pada muktamar kemarin (Jombang). Buat kami itu adalah sikap yang luar biasa”.

Dalam penjelasan Yenny, kategori agama dinilai berdasarkan kriteria tokoh yang konsisten dalam menyampaikan toleransi dalam beragama. Bukan hanya menyampaikkannya tapi juga konsisten dalam mempraktikkannya di tengah umat. Jadi pantaslah hal itu dipredikatkan kepada Gus Mus.






Source: www.islaminesia.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Gus Mus Dinobatkan Jadi Tokoh Penegak Toleransi Dalam Beragama"

Post a Comment

close