Ihwal Tarian di Atas Karpet Sajadah, Jangan Reaksioner!


Wartaislami ~ Tragedi dilangsungkannya tarian di atas sajadah pada acara Hari Amal Bahkti Kemenag ke-70 di Kanwil Kemenag DKI Jakarta menuai beragam tanggapan banyak pihak, terutama netizen. Mereka menyayangkan, namun lebih dari itu mereka juga mengecam dengan nada provokatif.

Mendapati tanggapan yang begitu riuh itu, Menteri Agama menyampaikan permohonan maafnya. Melalui surat resminya, Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta juga telah meminta maaf dan sekaligus menjeleskan duduk permasalahan yang terjadi di lokasi penyenggaraan HAB Ke-70 tersebut.

Menyikapi hal itu, kami Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sangat menyesalkan persitiwa adanya tarian di atas karpet bermotif sajah tersebut. Meskipun karpet bermotif sajadah adalah produk budaya, tapi yang penting untuk diperhatikan adalah tata krama dan dimensi etis terhadap “sajadah” yang memang ia merupakan “instrumen” ibadah dalam arti kebudayaan.

Secara fiqih tidak ada masalah, tapi ditinjau dari sisi moralitas, tentu saja hal itu tidak bisa dibenarkan. Sebab secara simbolik karpet bermotif sajadah yang bergabar masjid tentu identik dengan tempat ibadah umat Islam. Hal ini memang sangat sensitif.

Berkelindan dengan itu, PBNU mendesak kepada Menteri Agama untuk mengusut tuntas motif di balik peristiwa tarian di atas karpet sajadah tersebut. Harus ada tindakan tegas jika memang ia bukan berangkat dari ketidaksengajaan. Oleh karena itu, pengusutan secara tuntas ihwal duduk terjadinya tarian di atas karpet bermotif sajadah ini sangat penting untuk mengambil langkah tegas selanjutnya.

Kredibilitas Kementerian Agama sangat tergantung pada keseriusannya dalam menyelidiki motif serta pengambilan tindakan dalam tragedi ini.

Di luar itu semua, PBNU sekali lagi mengimbau umat Islam untuk selalu tidak tergesa-gesa dan menunda penilaian serta kesimpulan sebelum benar-benar mengetahui duduk persoalan. Umat Islam harus menghindari bersifat reaktif serta reaksioner dalam menyikapi sebuah persoalan, apalagi hal itu jika dibumbui dengan emosi.

Sumber :nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Ihwal Tarian di Atas Karpet Sajadah, Jangan Reaksioner!"

Post a Comment

close