Inilah 7 Adab dan Sunah bagi Bayi Baru Lahir


Wartaislami ~ Setidaknya terdapat beberapa adab dan sunah untuk bayi baru lahir yang diriwayatkan dalam beberapa kitab, yang hendaknya menjadi perhatian bagi para orang tua.

1.Mengumandangkan Azan dan Ikamah: Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang telah menjadi ayah, maka kumandangkanlah azan di telinga kanannya dan ikamah di telinga kirinya. Sesungguhnya perbuatan tersebut akan menjauhkan setan.” Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan agar dikumandangkan azan di telinga kanan cucunya, Hasan dan Husain, dan ikamah di telingan kiri mereka. Bersamaan dengan itu, juga dibacakan Surah Al-Fatihah, Ayat Kursi, akhir Surah Al-Hasyr (ayat 24), demikian pula Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

2.Memandikan Bayi: Sebagian kalangan berpendapat bahwa memandikan bayi sesaat setelah kelahiran hukumnya wajib. Memandikan bayi setelah kelahirannya merupakan salah satu amalan yang disunahkan. Tentu saja, selama hal ini tidak membahayakan sang bayi.

3.Memberikan Nama yang Baik dan Indah: Kebaikan pertama yang dilakukan oleh ayah terhadap anaknya ialah memberikan nama yang baik dan indah baginya. Sebaik-baik nama yang diberikan adalah nama yang mengandung arti dan makna penghambaan kepada Allah SWT, seperti Abdurrahman, Abdurrahim, dsb. Rasulullah SAW bersabda, “Salah satu hak anak atas kedua orang tuanya adalah mereka memberikan nama yang baik baginya dan berlaku baik kepadanya.” Rasulullah juga bersabda, “Sebuah rumah yang terdapat di dalamnya (orang yang memiliki) nama sebagian dari para nabi, maka berkah tidak akan hilang dari rumah tersebut.”

5.Akikah dan Mencukur Rambut Kepala Bayi: Akikah bagi anak termasuk dari sunah yang sangat ditekankan bagi orang yang mampu. Bahkan sebagian ulama berpendapat bahwa akikah merupakan kewajiban dan hendaknya dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Jika pelaksanaannya tertunda, maka akan tetap menjadi tanggungan ayah sampai si anak balig. Jika setelah balig akikah belum dilaksanakan, maka menjadi tanggungan anak tersebut sampai akhir umurnya.

6.Mengkhitan Bayi Laki-Laki: Bayi laki-laki hendaknya dikhitan pada hari ketujuh setelah kelahirannya. Jika memungkinkan, orang tua hendaknya mengadakan syukuran saat anak dikhitan sebagai tanda kesyukuran kelahiran.

7.Tidak Membungkus Bayi dengan Kain Kuning: Pada akhir hadis yang menyangkut kelahiran Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib, cucu Rasulullah SAW, tampak bahwa pada awal kelahiran dimakruhkan membungkus bayi dengan kain kuning, dan disunahkan membungkusnya dengan kain putih.

Source: www.islaminesia.com via metroislam.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah 7 Adab dan Sunah bagi Bayi Baru Lahir"

Post a Comment

close