Inilah Cerita Ansor Jombang Sempat Diajak Kerja Sosial Bareng Gafatar


Wartaislami.com ~ Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Zulfikar Damam Ikhwanto menyatakan bahwa keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Jombang sudah cukup lama. Mereka juga pernah mengajak kerja sama dengan Ansor dalam kegiatan sosial.

Menurut pengakuannya, sekitar 7 bulan lalu, tiga anggota Gafatar bertamu ke rumahnya, salah satu dari mereka adalah Rudiono asal Desa Ngumpul, Kecamatan Jogoroto, Jombang yang saat ini dikabarkan menghilang bersama istri dan anaknya. Mereka memperkenalkan diri dan menawarkan sejumlah program yang hendak dilakukan melalui kerja sama tersebut.

Pada saat itu dirinya tidak memutuskan untuk melakukan kerja sama, tawaran tersebut masih mau dikonsultasikan dengan anggota-anggotanya, juga terhadap para ulama lantaran di hatinya masih menimbulkan keganjalan. “Karena dihati saya waktu itu ada yang mengganjal, saya jawab akan konsultasi dengan anggota dan ulama,” katanya kepada NU Online, Ahad (17/1) lalu.

Tidak hanya kegiatan sosial, mereka juga mengajak bersama-sama menggelar tabligh akbar di kota santri ini. Ajakan tersebut menurut padangan Zulfikar sudah mencoba memasuki sebagian ajaran-ajarannya sedikit demi sedikt. “Mereka juga mau mengajak kerja sama Ansor untuk menggelar tabligh akbar di Jombang,” ujarnya.

Gus Antok, sapaan akrabnya menegaskan, hingga saat ini belum mengonsultasikan kepada pengurus Ansor dan para kiai sepuh di Jombang. Namun ia meyakini tanpa dirinya mendiskusikan dengan beberapa pihak, masyarakat luas sudah memahami tentang Gafatar dan ajaran-ajarannya. “Belum saya jawab hingga kebongkar Gafatar. Alhamdulillah selamat dan dilindungi Allah, saya tidak bisa membayangkan jika saat itu sudah jalan sama Ansor,” ulasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) menfatwakan bahwa Gafatar merupakan gerakan sesat. Sebab, ajarannya telah melenceng dari ajaran Islam yang sebenarnya. Mereka tidak mewajibkan sholat lima waktu, puasa dan urusan ubudiyah yang lain. (Syamsul Arifin/Fathoni)






Sumber :nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah Cerita Ansor Jombang Sempat Diajak Kerja Sosial Bareng Gafatar"

Post a Comment

close