القواعد السَّبعة / Tujuh Strategi Kebudayaan Islam Nusantara


Wartaislami.com ~ 7 Strategi Kebudayaan Islam Nusantara atau yang dikenal al Qowa'id as Sam'ah  / القواعد السَّبعة(Saptawikrama) akan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa daerah (Bugis, Sunda, Jawa, Minang, Aceh, Papua, Dayak, Using, Banyumas, Madura dan Batak) serta ke dalam beberapa bahasa asing seperti, Jepang, Cina, Inggris, Perancis, Belanda dan Arab.

1. Menghimpun dan mengosolidasi yang berbasis adat istiadat, tradisi dan budaya Nusantara.

2. Mengembangkan model pendidikan sufistik (tarbiyah wa ta'lim) yang berkaitan erat dengan realitas di tiap satuan pendidikan, terutama yang dikelola oleh lembaga pendidikan formal (ma'arif) dan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI).

3. Membangun wacana independen dalam memaknai kearifan lokal dan budaya Islam Nusantara secara ontologis dan epistemologis keilmuan.

4. Menggalang kekuatan bersama sebagai anak bangsa yang bercirikan Bhineka Tunggal Ika untuk merajut kembali peradaban Maritim Nusantara.

5. Menghidupkan kembali seni budaya yang beragam dalam ranah Bhineka Tunggal Ika berdasarkan nilai kerukunan, kedamaian, toleransi, empati, gotong royong, dan keunggulan dalam seni, budaya dan ilmu pengetahuan.

6. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun gerakan Islam Nusantara.

7. Mengutamakan prinsip juang berdikari sebagai identitas bangsa untuk menghadapi tantangan global.

Jakarta, 28 Januari 2016 / 17 Rabi'ul Akhir 1438 H





Sumber :muslimedianews.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "القواعد السَّبعة / Tujuh Strategi Kebudayaan Islam Nusantara"

Post a Comment

close