Banyak Respon Positif dari Dunia Internasional, PBNU Diminta Ekspos Gagasan Islam Nusantara


Wartaislami.Com ~  Istilah Islam Nusantara yang digagas oleh PBNU mendapat respon positif dari publik internasional, hal ini ditandai dengan munculnya dukungan dari para tamu luar negeri dan Kedutaan Besar Negara Sahabat.

"Hampir tiap hari kita kedatangan tamu dari dubes-dubes, mereka tertarik dengan Islam Nusantara yang toleran, damai, mereka juga mendorong agar Islam Nusantara ini segera diekspos supaya dunia mengetahuinya," ungkap Sekjen PBNU, H. Helmy Faisal Zaini saat mengisi kegiatan Pendidikan Kader NU di Purwakarta, Jum'at (26/2).

Islam Nusantara, lanjut Helmy, bukanlah hal baru karena sejak Wali Songo berdakwah di bumi nusantara, sejak saat itu pula Islam Nusantara ada, sehingga tidak perlu dicurigai apalagi dipermasalahkan.

Ia pun menegaskan, Islam Nusantara menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan perdamaian sehingga dalam berdakwah tidak perlu menggunakan cara-cara kekerasan karena hal itu akan menjatuhkan keluhuran agama Islam dan menjauhkan umat Islam dari pergaulan internasional.

"Karena ada segelintir orang yang membunuh atau membom atas nama Islam, yang rugi umat Islam di dunia, misalnya umat Islam di Amerika, di Eropa, hanya karena berjilbab jadi dicurigai sebagai teroris," kata mantan Menteri PDT ini.

Dalam mencontohkan dakwah yang damai, ia pun menceritakan sosok Ketum PBNU, KH Said Aqil Siroj yang telah mengislamkan beberapa non muslim.

"Kemarin Kiai Said sudah mengislamkan lebih dari 20 warga Jepang," tambahnya.
Selain itu, kata dia, Kiai Said sering diundang pengajian oleh para TKI yang ada di Hongkong, Taiwan, dan beberapa negara lain. Dalam kesempatan itu ada seorang majikan yang ikut pertemuan itu.

"Kiai Said menyampaikan, kemudian diterjemahkan bahasa Mandarin. Akhirnya majikan itu tertarik, ternyata Islam itu toleran, Islam itu ramah, Islam itu melindungi, sehingga majikan ini masuk Islam," tandasnya.

Agar Islam Nusantara bisa diketahui dunia internasional, kata dia, pada bulan Mei mendatang PBNU berencana mengundang 30 ulama dari berbagai negara dalam sebuah pertemuan International Summit of The Moderate Islamic Leaders. (Aiz Luthfi/Zunus/NU Online)





0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Banyak Respon Positif dari Dunia Internasional, PBNU Diminta Ekspos Gagasan Islam Nusantara"

Post a Comment

close