Cara Al-Qur’an Memuliakan Orang Tua


Wartaislami.com ~ Sebelumnya kita pernah membahas bahwa lakukanlah segala kebaikan di hari ini karena esok tak akan berarti. Satu kurma yang kita berikan di dunia lebih berarti dibanding dunia dan seisinya yang akan kita persembahkan sebagai tebusan di akhirat. Allah Berfirman,

يَوَدُّ الْمُجْرِمُ لَوْ يَفْتَدِي مِنْ عَذَابِ يَوْمِئِذٍ بِبَنِيهِ – وَصَاحِبَتِهِ وَأَخِيهِ

وَفَصِيلَتِهِ الَّتِي تُؤْويهِ – وَمَن فِي الْأَرْضِ جَمِيعاً ثُمَّ يُنجِيهِ

كَلَّا إِنَّهَا لَظَى – نَزَّاعَةً لِّلشَّوَى

Pada hari itu, orang yang berdosa ingin sekiranya dia dapat menebus (dirinya) dari azab dengan anak-anaknya, dan istrinya dan saudaranya, dan keluarga yang melindunginya (di dunia), dan orang-orang di bumi seluruhnya, kemudian mengharapkan (tebusan) itu dapat menyelamatkannya.

Sama sekali tidak! Sungguh, neraka itu api yang bergejolak,yang mengelupaskan kulit kepala. (QS.Al-Ma’arij: 11-16)

Pada hari itu manusia akan menawarkan anak-anak, istri, saudara serta keluarganya untuk menjadi tebusan atas dosa-dosa yang ia lakukan di dunia. Namun anehnya, dalam ayat ini tidak menyebutkan “orang tua”. Padahal dalam ayat lain, ketika menghadapi dahsyatnya Hari Kiamat seseorang akan lupa segalanya termasuk orang tuanya.

يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ – وَأُمِّهِ وَأَبِيهِ – وَصَاحِبَتِهِ وَبَنِيهِ

“Pada hari itu manusia lari dari saudaranya, dan dari ibu dan bapaknya, dan dari istri dan anak-anaknya.” (QS.Abasa:34-36)



Lalu mengapa ketika para pendosa ingin menebus kesalahannya dengan menyerahkan anak, istri dan keluarga namun Allah tidak menyertakan orang tua dalam ayat ini?

Seluruh tebusan itu pasti tidak akan diterima oleh Allah swt. Namun tidak disertakannya orang tua dalam ayat ini adalah karena tingginya kedudukan mereka disisi Allah swt. Seakan Allah ingin berpesan “Hormati orang tuamu, jangan menjadikan mereka sebagai tebusan dosamu”.

Jika ada seorang yang hendak mengorbankan orang tuanya untuk menebus dosanya, maka pasti ia akan mendapat Murka Allah swt.

Curahkan perhatian kita kepada orang tua. Hormati dan sayangi mereka dengan setulus hati. Karena disanalah letak Ridho dan Murka-Nya.

Source: www.khazanahalquran.com

0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Cara Al-Qur’an Memuliakan Orang Tua"

Post a Comment

close