Heboh !! Diprotes, LINE Indonesia Tarik Stiker LGBT


Wartaislami.com ~ Setelah mendapat protes yang cukup besar, LINE Indonesia akhirnya menarik stiker bertema lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang ada di layanannya.

Protes publik ini langsung direspon Head of Public Relations Line Indonesia, Teddy Arifianto,. Ia menyadari dan menghargai semua masukan yang ada. Fenomena LGBT memang sedang marak di seluruh dunia termasuk Indonesia.

“Line menghargai sekali semua masukan dari para pengguna dan pihak-pihak terkait mengenai fitur dan produk kami dan kami sadar betul betapa sensitifnya isu LGBT di Indonesia,” kata Teddy Arifianto, dilansir Detik, Rabu 10 Februari 2016.

Dijelaskan Teddy, Line berpegang pada acuan global untuk melakukan penyaringan terhadap konten-konten yang sensitif dari perspektif budaya lokal.

“Kami berkomitmen untuk memastikan Line sebagai aplikasi di mana semua orang dapat menikmati dan menggunakannya dengan nyaman. Saat ini kami sedang berupaya melakukan koordinasi untuk menyelesaikan masalah ini dan menarik seluruh stiker LGBT dari pasar Indonesia,” sebut Teddy.

Penarikan stiker dilakukan Rabu 10 Februari 2016 dan ditargetkan di pekan ini pula sudah selesai. Dikatakan Teddy, para desainer stiker yang karyanya ditarik sudah diberikan pemahaman dan mereka menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan Line.

Laporan ini juga menjadi pembelajaran bagi Line Indonesia agar lebih bijaksana melihat kearifan lokal.

“Line sebagai global company bersikap netral, non discrimination. Tapi hal-hal seperti ini di Indonesia punya kearifan lokal yang harus kita perhatikan juga,” tutupnya.

Kasus stiker mesra atau kelewat vulgar sebelumnya juga pernah menghadang Line. Kala itu, ribuan orang bahkan berbondong-bondong memprotes stiker tersebut melalui petisi online di Change.org.

Penggagas petisi Gioveny Astaning Permana menganggap beberapa stiker Line yang disediakan gratis dan berbayar tak mendidik anak-anak karena mengandung gambar untuk dewasa.

“Saya mengamati ini dari hasil Popular Creator Sticker seperti stiker berjudul so much love, short couple problem, him & her, Lily & Marigold, romantic memories, love lasting forever, hugs and kisses yang termasuk dalam 50 popular creator sticker,” kata Gioveny dalam petisinya.

Selain itu seperti dilansir Okezone, Rabu, tidak hanya aplikasi smartphone Line, Whatsapp juga menampilkan simbol gay atau lesbian melalui emoticon yang terpampang dengan jelas.

Khusus stiker di Line, pengguna bisa menemukannya dengan mengetikan kata gay misalnya pada kolom pencarian Sticker Shop. Maka akan muncul hasil pencarian di bagian Creators, yang menunjukkan sticker-sticker bertemakan gay.

Terkini, heboh sticker Line dengan tajuk Love is Love yang memperlihatkan gambar dua pria yang terlihat mesra. Tidak gratis, sticker ini memerlukan biaya 50 Coins.

Source: www.satuislam.org
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Heboh !! Diprotes, LINE Indonesia Tarik Stiker LGBT"

Post a Comment

close