Inilah 10 Aktifitas Sederhana Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Sholat Shubuh


Wartaislami.com ~ Padahal malamnya udah tidur dengan nyenyak tetapi mengapa ketika shubuhnya masih terasa ngantuk ya? Kamu yang sebagai ummat muslim sudah tahu dong keutamaan dari sholat shubuh, tetapi yang menjadi tantangan adalah untuk dapat menghindari rasa ngantuk yang menyerang kembali setelah shubuh bukanlah perkara yang mudah.
Padahal, pada waktu setelah shubuh merupakan waktu yang paling ideal untuk memulai berbagai macam aktifitas yang bermanfaat. Jadi jangan sia-siakan waktu shubuh kamu yang sangat berharga tersebut ya.
Berikut 10 Aktifitas sederahana agar kamu dapat terhindar dari rasa kantuk setelah sholat shubuh.
1. Cobalah Untuk Mandi Sebelum Shubuh


Hawa yang dingin merupakan gangguan paling utama yang membuat rasa kantuk itu datang. Jangankan untuk mandi, untuk berwudhu saja mungkin malas karena dinginnya air. Nanti dulu, mandi ketika shubuh memang sangatlah dingin tetapi kamu akan merasakan manfaatnya setelahnya.
Tubuh kamu akan merasa segar setelah mandi, karena tubuh kamu sudah menyesuaikan diri dengan hawa yang dingin. Hal ini akan membuat peredaran darahmu juga menjadi lebih lancar dan kamu siap untuk memulai aktifitas shubuhmu. Dijamin deh kamu akan semangat dalam melaksanakan ibadah sholat shubuh dan ibadah setelahnya.

2. Memperbanyak Ibadah Setelah Sholat Shubuh


Waktu shubuh merupakan waktu yang sangat tepat untuk beribadah, seperti membaca Al-Qur’an atau yang mau menghafal Al-Qur’an, memperbanyak dzikir kepada Allah. Waktu pagi sangat ideal untuk menghafal Al-Qur’an karena otak masih segar dan mudah untuk diisi.
Hal ini sangat bermanfaat mengingat waktu pagi catatan malaikat masih kosong, maka awali catatan malaikat dengan amalan yang baik. Toh juga untuk menambah pahala dan mendekatkan dirimu kepada Allah SWT. Sudah bisa dipastikan, ketika kamu sudah memulai aktifitas harian kamu pasti akan fokus dengan kehidupan duniawimu, sehingga waktu ibadahmu cuma ketika waktu sholat saja. Maka maksimalkan waktu ibadahmu di waktu shubuh.

3. Membuat Jadwal Kegiatan Untuk Seharian Penuh


Buatlah jadwal kegiatan sederhana untuk mengingat beberapa kegiatan yang mungkin harus kamu lakukan atau sekedar memenuhi jadwal kegiatanmu. Dari sekian banyak jadwal yang kamu buat, tidak mungkin 100% kamu selesaikan semuanya. Bisa juga dengan menjadwal kapan kamu ada waktu kosong untuk dapat bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman kamu.

4. Kerjakan Tugas-tugas Harian dan Mingguanmu


Sudah dipastikan kamu setiap hari mendapatkan tugas dari guru, bos, atau managermu yang harus diselesaikan. Jika waktu malamnya tidak dapat kamu gunakan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut, kamu bisa menyelesaikannya setelah sholat shubuh. Daripada tidur lagi mendingan menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar.
Atau mungkin kamu punya tugas harian dari orangtua seperti nyiramin dan nyapu halaman, atau juga membantu orangtua membawa barang dagangan ke pasar, bisa juga membantu orangtua untuk bekerja mempersiapkan sarapan pagi. Selain mendapatkan pahala karena membantu orangtua, ini juga memperbaiki hubungan dengan mereka jika ada masalah.

5. Nonton Berita Di Tv Agar Tidak Ketinggalan Info


Setiap harinya pasti ada saja berita baru yang menghebohkan atau berita-berita yang gitu-gitu aja. Nah untuk yang berita menghebohkan biasanya ditayangkan pada waktu pagi hari ketika orang-orang mau memulai aktifitas sehingga bisa menjadi bahan obrolan nanti di tempat kerja ataupun di sekolah.
Jangan sampai kamu ketinggalan berbagai macam berita hanya karena tidak kuat melawan kantuk setelah shubuh. Toh juga nonton berita bisa menambah wawasan kamu tentang kejadian di seluruh nusantara.

6. Jalan-jalan Menikmati Indahnya Pagi


Ketika pagi, udara sekitar rumah belum tercemari oleh polusi udara, jadi udara pada waktu pagi sangat cocok untuk membuat diri kamu menjadi lebih segar dan membuat pikiranmu lebih jernih. Sambil jalan-jalan, embun-embun tipis yang menempel di kulit kamu memberikan efek segar dan positif bagi dirimu.

7. Jangan Cuma Jalan-jalan, Olahraga Kecil Juga Bagus Kok


Olahraga kecil tidak akan membuatmu kecapekan kok dan sangat bagus untuk kesehatan kamu. Jika kamu bisa konsisten dalam olahraga maka tidak cuma menyehatkan, tetapi juga bisa menjadi pola hidup yang teratur yang membuat setiap pagimu lebih bersemangat. Jadi jangan malas-malasan di pagi hari ya.

8. Jangan Lupa Untuk Sarapan


Sarapan itu baik untuk memulai harimu. Setelah sekian lama perutmu beristirahat dan tidak ada yang mengisi, maka isilah dengan makanan-makanan yang ringan seperti roti atau susu. Dengan sarapan maka akan meningkatkan konsentrasi otak selama belajar atau bekerja.
Otak membutuhkan asupan energi untuk dapat bekerja dengan optimal, dengan demikian sarapan adalah cara yang tepat agar harimu lebih bersemangat.

9. Ngecek Email di Handphone


Untuk hal yang ini jangan dibiasakan ya, karena jika terlalu sering maka akan membuat dirimu terkena penyakit NomophobiaNomophobiamerupakan penyakit yang membuat orang akan merasa sedih dan gelisah jika tidak ada hp di dekatnya. Mengecek emailnya ketika waktu kosong aja dan usahakan jangan lama-lama jika memang pesan tersebut tidak penting.

10. Jika Masih Ngantuk, Tidurlah Ketika Matahari Sudah Terang


Jika ketika malam kamu begadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang benar-benar harus selesai pada waktu itu juga, maka kamu bisa tidur ketika matahari sudah terang saja. Karena cahaya matahari memberikan efek pada tubuh malas untuk beristirahat. Kamu bisa tidur jam 06.00 sampai jam 06.30 saja jika kamu masih dihari-hari sekolah atau bekerja.
Semoga dengan tips-tips ini dapat memberikan pencerahan bagi setiap pembaca agar memulai harinya dengan aktifitas-aktifitas yang bermanfaat. Selamat Mencoba ya!
Source: www.satujam.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah 10 Aktifitas Sederhana Agar Tidak Tidur Lagi Setelah Sholat Shubuh"

Post a Comment

close