Inilah Alasan Tempat Sholat Disebut Mihrab (Medan Perang )


Wartaislami.com ~ Di dalam islam, tempat ibadah seseorang disebut Mihrab. Biasanya tempat ini digunakan untuk imam solat berjamaah atau untuk seorang yang ingin menyendiri ketika solat dan bermunajat kepada-Nya.

Makna asli dari kata Mihrab adalah tempat atau medan perang. Lalu mengapa tempat solat disebut sebagai medan perang?

Ternyata, posisi kita ketika solat seperti posisi sedang berperang. Karena ada dua unsur dalam diri kita yang saling tarik menarik. Di satu sisi ada hawa nafsu yang menarik kita untuk lalai dan memikirkan hal-hal duniawi. Dan disisi lain ada ruh yang menarik kita untuk terbang mendekat kepada Allah swt.

Salah satu filosofi dari takbir di awal solat adalah untuk menegaskan pada jiwa kita,“Wahai jiwa yang mengajak kepada keburukan, aku akan mampu melawanmu dengan Nama Allah yang Maha Besar.”

Karena itulah kita diperintahkan untuk meminta pertolongan dengan solat.

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (QS.Al-Baqarah:45)

Karena kemenangan ketika solat menentukan kemenangan kita untuk menaklukkan jiwa diluar solat. Sementara untuk menang didalam solat bukanlah hal yang mudah. Allah Melanjutkan Firman-Nya,

وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS.Al-Baqarah:45)

Memenangkan pertarungan diri ketika solat itu sungguh berat. Diperlukan latihan yang serius untuk mendapatkannya. Kecuali bagi orang-orang yang telah meraih kekhusyu’an. Bagi mereka tidak ada momen yang lebih dirindukan melebihi pertemuan dengan Sang Kekasih ketika solat.

Maka logika Al-Qur’an menjelaskan, bahwa siapa yang bisa menaklukkan diri dalam solatnya maka ia telah menyelesaikan berbagai masalah diluar solatnya. Bukankah Allah Berfirman,

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar.” (QS.Al-Ankabut:45)

Jika kita telah mampu menaklukkan diri dengan tidak melakukan kesalahan dan keburukan maka berapa masalah yang telah terselesaikan dengannya. Bukankah sebagian besar masalah dalam hidup ini disebabkan karena kesalahan kita sendiri?

Source: www.khazanahalquran.com




4 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to "Inilah Alasan Tempat Sholat Disebut Mihrab (Medan Perang ) "

  1. BONUS IPHONE X & SAMSUNG NOTE 8
    CEK LANGSUNG DAN DAFTAR DI

    WWW. ANAPOKER .COM

    The Best & Trusted Online Poker 2018

    (BBM): AGENS128
    (WhatsApp) : 087789221725

    ReplyDelete
  2. Selamat Datang
    S1288poker.com
    Menang Ceme
    Bandar Ceme
    Ceme Online
    Ceme 99
    Qiu Ceme
    Contact Person :
    WA : 087782869981
    BBM - 7AC8D76B

    ReplyDelete
  3. kami Memprioritaskan Kepuasan Member INGIN CEPAT MENDAPATKAN UANG BANYAK? Hanya dengan 1 AKUN / ID anda dapat memainkan 8 jenis permainan secara langsung. MARI GABUNG BERSAMA KAMIPROSES TERCEPAT. TERMUDAH dan TERPERCAYA. jadilah JUTAWAN di pokervita..com Ayo Join Sekarang. Contact Us Person : ? LIVECHAT P`O`K`E`R`V`1`T`A
    Agen Poker Terpercaya
    BONUS CASHBACK
    ? WA: 082312256064
    ? BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  4. Info Freebet melalui Bandar Ceme Tula oblast Rusia Situs www.rusiapoker.us Melalui Bank CIMB Niaga Syariah dengan Kode Bank 022.

    Tula oblast, 10 Januari 2018 - Bandar Ceme Yang Merupakan Pengembangan Dari Permainan Kartu Domino. Permainan Ceme sebenarnya Mirip dengan Tipe Permainan Domino QQ, Ketidakmiripannya adalah Kita Hanya Mendapatkan Dua Kartu Saja dan Kartu Dengan Nilai Tertinggi adalah 9 (sembilan). Kartu Domino yang Digunakan Terdiri Dari 28 Kartu dan Setiap Kartu Memiliki Nilai Yang Berbeda-Beda.

    Tunggu Apalagi Ayo Daftar dan Register Info Freebet melalui Bandar Ceme www.rusiapoker.us, Kami Merekomendasikan Anda Menggunakan Bank CIMB Niaga Syariah, Jika Anda Tidak Memiliki Account Register Info Freebet melalui Bandar Ceme Anda Bisa Segera Hubungi Customer Service Officer Kami, Lalu bila anda masih belum mengerti bagaimana Cara Daftar dan  Register Bank CIMB Niaga Syariah. Anda bisa langsung mengisi Formulir Pendaftaran yang telah kami sediakan di atas atau langsung daftar melalui Customer Service kami di Livechat, Line, BBM, Yahoo Messenger, dan Whatsapp.

    Sumber : http://www.pokerrusia.net/info-freebet-melalui-bandar-ceme/

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini