Inilah Keunggulan Jadi Santri Bisa Lebih Baik Dari Shalat 1100 Raka'at Tiap Hari


Wartaislami.com ~ Santri adalah orang yang menuntut ilmu di pondok pesantren. Keseharian mereka tiada lain kecuali mempelajari berbagai bidang disiplin ilmu agama, mulai dari yang dasar hingga yang tinggi, mulai dari nahwu, hadits, ushul hingga tafsir.

Sebelum masuk waktu shubuh mereka sudah sibuk mempelajari ilmu, membaca dan menghafal al-Qur'an, shalat-shalat sunnah, hingga malam kembali datang, dan waktu tidur (istirahat) yang menghentikan mereka sementara.

Maka tidak heran bila dikatakan menjadi santri lebih baik daripada shalat raka'at 1100 kali setiap hari. Hal itu sesuai dengan hadits tetang orang yang menuntut ilmu, dan ini berlaku pula bagi siapapun yang menuntut ilmu.

حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ غَالِبٍ الْعَبَّادَانِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زِيَادٍ الْبَحْرَانِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا أَبَا ذَرٍّ لَأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ آيَةً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّيَ مِائَةَ رَكْعَةٍ وَلَأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ بَابًا مِنَ الْعِلْمِ عُمِلَ بِهِ أَوْ لَمْ يُعْمَلْ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّيَ أَلْفَ رَكْعَةٍ.(كتاب سنن ابن ماجة -الجزء١ ص ٢٥٤)
Dari Abu Dzar dawuh: Rasulullah saw bersabda padaku :Wahai Abu Dzar! Sungguh keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih bagus bagimu daripada shalat 100 rakaat. Dan keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu bab dari ilmu agama, diamalkan atau tidak, itu lebih baik bagimu dari shalat 1000 rakaat. (Sunan Ibnu Majah: 1 hal.254)


Ibnu L' Rabassa via muslimedianews.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah Keunggulan Jadi Santri Bisa Lebih Baik Dari Shalat 1100 Raka'at Tiap Hari"

Post a Comment

close