Cerita Hoax, April Mop merupakan perayaan pembataian umat Islam


Isi Klaim :

April Mop merupakan perayaan pembataian umat Islam, tak pantas dirayakan!

Umat Islam sangat tidak pantas merayakan “April Mop” atau “The April Fool Day” karena kebiasaan itu dilatarbelakangi peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi.

“Umat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, ” kata Cendikiawan Muslim Ir.H.Asmara Dharma dalam tulisannya yang dirilis, di Medan, kemarin.

Ia menjelaskan, perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota-kota Islam di Spanyol seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu berjanji keselamatan dan memperbolehkan umat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.

Namun, ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum muslim dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.

Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji tersebut terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day.”

Selanjutnya, Dharma menjelaskan, peristiwa “The April Fool Day” itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan “ritual” boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal tersebut tetapi bernuansa gembira.

“Ritual tersebut disyaratkan dengan tidak bolehnya orang yang ditipu dan dijahili itu marah dan membalas, ” katanya.


Hoax atau Fakta :









Hoax, ini adalah kisah yang diluncurkan khusus setiap 1 April.









Analisa :



 Klaim tersebut tidaklah salah dan tidak sepenuhnya benar. Kenapa? Karena klaim tersebut berisi cerita yang kenyataannya sangatlah konyol. Sebenarnya, cerita tersebut adalah hoax.

Kok bisa?

Hmm, tidak ada satupun sumber yang dapat meng-iyakan atau membenarkan cerita tersebut. Adakah saksi atau penemu sumber ini? Jawabannya tidak.

Beberapa individu yang menyebarkan hoax ini adalah (maaf sebelumnya) :

http://www.eramuslim.com/
http://www.swaramuslim.net/
http://www.antara.co.id/
http://www.republika.co.id/
http://www.surya.co.id/
http://www.hinamagazine.com/
Masih ratusan lagi, termasuk netter juga, maaf ya

*Beberapa situs mungkin sudah tewas.

Wow, fantastis. Sampai mediamassa nasional ikut berpartisipasi mengumandangkan hoax ini. Hmm positif thinking saja, mungkin ada beberapa jurnalis atau penulis yang malas mencari kebenaran dari sesuatu hal dan menelan mentah-mentah berita itu. Mungki Anda akan mengira kami (para Admin dan Kontributor Indoneisan Hoaxes) berat sebelah dan ada ‘maksud’ tertentu di dalam artikel ini. Ok, mari kita telusuri bersama-sama.

Berikut beberapa Artikel di situs ‘Muslim’ mengenai Hoax atas Klaim-klaim di atas, semisal pernyataan “Syeikh Yusuf Estes” :

“Good Muslim would never accept to repeat lies and fabrications especially in presenting facts about the history of Islam. If we don’t do something about correcting the education of our beloved brothers and sisters in Islam, then everyday on the internet is MUSLIM FOOLS DAY.”

Muslim yang baik tidak akan pernah menerima mengulangi kebohongan dan rekayasa terutama dalam menyajikan fakta tentang sejarah Islam. Jika kita tidak melakukan sesuatu tentang memperbaiki pendidikan saudara-saudara kita tercinta dan saudari dalam Islam, maka setiap hari di internet adalah MUSLIM FOOL DAY.

Dr. Yusuf Estes, berkata bahwa cerita ‘Pembantaian Umat Islam Di Spanyol Itu Pembodohan Umat Islam’

Dr Yusuf Estes, seorang cendikiawan Muslim mualaf yang banyak meneliti berbagai pernik persoalan kaum Muslimin di Amerika menyatakan beberapa hal mengenai sejarah April Mop versi Islam ini. Menurutnya kisah sejarah April Mop versi Islam ini juga merupakan bagian dari April Mop dalam rangka membodohi umat Islam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sebab sebagai berikut.

1. Fakta sejarah Muslim Spanyol yang berakhir pada tanggal 12 Januari 1492 Masehi. Namun tradisi April Mop tidak terdengar sampai lebih dari lima puluh tahun kemudian.

2. Bahwa rokok bahkan tidak ditemukan sampai jatuhnya Muslim Spanyol (Januari 1492). Menurut Universitas Framingham, Jurusan Biologi Manusia oleh Dr Roger Morrissette, Ph.D., rokok dalam bentuk apapun tidak ada di Spanyol sampai dibawa dari Dunia Baru, setelah Raja Ferdinand dan Ratu Isabella datang untuk memerintah Spanyol.

Menurutnya, sejarah rokok dimulai pada tahun 1492 saat Columbus mencatat penduduk asli Dunia Baru (Amerika) menghisap daun tembakau. Pada tahun 1550, Spanyol baru mulai menanam tembakau di Hindia Barat untuk ekspor ke Eropa. Dan pada tahun 1880, penggunaan tembakau tersebar luas tetapi orang hanya menggunakan jumlah kecil.

3. Kejatuhan Spanyol sebenarnya dikarenakan oleh sikap kaum Muslimin yang mengambil filsafat Yunani dan meninggalkan wahyu Allah. Selain itu mereka saling terpecah dan bertempur dengan sesama kaum Muslimin sendiri. Saat itulah orang-orang Kristen datang dan menyerang kaum Muslimin hingga kejatuhan mereka pada tahun 1492.

Silahkan buktikan sendiri di :
http://www.islamtomorrow.com/lies/April_lies.asp
http://www.islamtomorrow.com/lies/History_April_Fools.asp
http://www.islamtomorrow.com/lies/fools.asp
http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html

Buktikan juga di artikel berbahasa Indonesia :
http://www.islampos.com/dr-yusuf-estes-pembantaian-umat-islam-di-spanyol-itu-pembodohan-umat-islam-50506/

Cermati beberapa fakta berikut :

Ketik saja “April 1 Muslim 1487″ di Google dan lihat sendiri bahwa tidak ada yang muncul. Tidak ada pembunuhan massal terhadap kaum Muslim di Granada, Spanyol pada tanggal itu. Bila benar-benar terjadi, mohon buktinya.

Pencarian “April 1 Muslim Granada” di Wikipedia juga tidak memberikan hasil satupun. Justru yang didapatkan dengan pencarian kata Granada dan Muslim adalah Treaty of Granada (1491) pada tanggal November 25, 1491. Yang menjelaskan bahwa orang Islam boleh bermukim di kota Granada pada zaman itu tanpa diganggu sama sekali, dengan semua barang milik mereka tidak boleh dirampas, dan hukum mereka tetap berlaku. Berbeda jauh dibandingkan dengan informasi tentang asal usul April 1 pada klaim-klaim tersebut.

Silahkan buktikan di : http://en.wikipedia.org/wiki/Treaty_of_Granada

Dan dari berbagai sumber yang telah kami dapatkan, April Fools Day berasal dari Zaman Romawi, dan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Apa itu April Mop?

April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari.

Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai April Mop. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di Internet.

Webmaster April Mop :

Bahasa pemograman PHP pun merayakan April Mop ini dengan mengganti logo php pada setiap page ‘php info’. Perhatikan logo PHP pada php info, setiap tanggal 1 April, logo tersebut akan berubah menjadi gambar-gambar lain yang lucu, misalnya gambar anjing, gambar drakula, dan gambar Batman.

Peristiwa ‘Asli’ yang dirilis saat 1 April :

Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.

1. Tsunami April Mop di Hilo, Hawaii.

Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

2. Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.

3. AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.

4. Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.

5. Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.

6. Pada 1 April 1993, juara NASCAR Winston Cup Series Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

7. Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.

8. Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.

9. Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.

10. Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.

11. Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.

Lalu sejarah yang benar yang mana?? Anda dapat memperoleh informasi lebih lengkap disini :

http://en.wikipedia.org/wiki/April_Fool’s_Day
http://id.wikipedia.org/wiki/April_Mop
http://en.wikipedia.org/wiki/Grenada
http://en.wikipedia.org/wiki/Granada
http://en.wikipedia.org/wiki/1487

Kami tidak memaksakan anda untuk mempercayai Wikipedia, toh buku-buku sejarah juga banyak. Tidak hanya itu, telusuri sendiri fakta-fakta yang ada. Karena artikel pada halaman ini bukanlah hal yang sepatutnya anda percaya, tanpa anda sendiri membuktikannya.

Untuk anda yang gemar April Fool’s Day, bisa mengunjungi situs ini :

http://aprilfoolsdayontheweb.com/
http://aprilfoolsdayontheweb.com/

Mulai saat ini, kita harus bisa lebih bijak dalam menyikapi sesuatu.
Tidak perlu mempertanyakan dan menyalahkan individu yang menyebarkan berita hoax tersebut, tetapi ambil positifnya. Kita menjadi lebih selektif dalam memilah hal-hal yang sensitif. Segelintir orang enggan merayakan hari April Mop, beranggapan atau beralasan itu adalah harinya “kaum A, bangsa B, agama C, budaya D” dan lain sebagainya.
Cukup satu jawaban kami, “Ya itu hak mereka, hak siapa saja. Toh Hari April Mop atau April Fool di setiap negara tidak ada himbauan untuk wajib dirayakan,”

Sekali lagi kami tekankan, agar kita semua mengambil sisi positif dari segala hal yang ada. Dengan adanya April Mop, justru akan menambah kecerdasan kita sendiri, yang tidak serta merta percaya dan meyakini atas klaim-klaim tidak berdasar dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Meski demikian, kembali kepada pribadi masing-masing, Anda hobi bermain catur belum tentu teman Anda juga hobi terhadap catur.


Link Penyebar Hoax :

  <  http://www.eramuslim.com/
  <  http://www.swaramuslim.net/
 <  http://www.antara.co.id/
<   http://www.surya.co.id/
 <   http://www.republika.co.id/
  <  http://www.hinamagazine.com/
  <  Masih ratusan lagi, termasuk netter juga.


*Beberapa situs mungkin sudah tewas.

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.

Sumber: Indonesian Hoaxes via muslimoderat.com




0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Cerita Hoax, April Mop merupakan perayaan pembataian umat Islam "

Post a Comment

close