Gus Mus Bakal Mengawali Rangkaian Seabad Madrasah Tambakberas


Rangkaian peringatan satu abad madrasah dan 191 tahun Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang Jawa Timur segera dimulai. Sejumlah kegiatan akan terus berlangsung, termasuk bedah buku yang menghadirkan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dan KH Husein Muhammad.

"Untuk pelaksanaan bedah buku akan dilaksanakan hari Selasa, 26 April mendatang," kata Muhyiddin Zainul Arifin, Rabu (6/5). Kegiatan ini juga sebagai pembuka seluruh rangkaian peringatan satu abad madrasah dan 191 tahun keberadaan pesantren setempat, lanjut koordinator devisi bedah buku tersebut.

Judul buku yang akan dibahas adalah Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren karangan Ahmad Hilmi dan kawan-kawan. "Mewakili tim penulis, yang akan hadir adalah Ahmad Hilmi," kata Gus Muhyiddin, sapaan akrabnya. Sedangkan pembanding yang telah bersedia hadir adalah Gus Mus dan Kiai Husein Muhammad, lanjutnya.

Yang istimewa pada kegiatan ini, pihak penerbit menyediakan sejumlah buku karangan narasumber yang hadir. "Buku-buku Gus Mus dan Kiai Husein, termasuk buku yang akan dibedah, kami sediakan selama acara berlangsung," katanya. Kehadiran para pengarang tersebut nantinya dapat dimanfaatkan peserta untuk membeli buku dan mendapatkan tandatangan dari penulis yang bersangkutan. "Disamping mendapat tandatangan, bisa juga berfoto dengan pengarang dan penulis buku," canda Gus Muhyiddin.

Menurut Wakil Rektor Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang ini, bedah buku akan berlangsung di aula Pesantren Tambakberas dan dimulai pukul 08.00 pagi.

Diharapkan para pengasuh, peminat kepesantrenan, akademisi, aktifis lembaga pendidikan Islam dapat bergabung di acara ini sekaligus berbagi sudut pandang. "Masukan dari peserta dan narasumber tentu akan bermanfaat di forum ini," pungkasnya.

Sejumlah kegiatan pada peringatan satu abad madrasah dan 191 pesantren antara lain adalah bedah buku, wayang wali, ushbu'ul ma'ahid, festival bonsai, seminar, gowes, expo dan kontes burung, lailatus shalawat, khatmil Quran bilghaib, khitanan massal serta pengajian umum. Bedah buku sebagai acara pembuka hingga ditutup pengajian umum 4 Juni mendatang. (Ibnu Nawawi/Zunus) via nu.or.id

0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Gus Mus Bakal Mengawali Rangkaian Seabad Madrasah Tambakberas"

Post a Comment

close