Ini Kunci Melawan Dorongan Nafsu


Dalam kehidupan sehari hari kita tidak akan lepas dari rasa keinginan atau nafsu untuk memuaskan diri kita. Keinginan tersebut tentunya harus diarahkan ke arah hal-hal positif. Namun sebagai manusia, tidak jarang kita terjebak kepada nafsu yang mengajak kepada hal hal yang buruk atau negatif.

Untuk mengalahkan dorongan hawa nafsu yang selalu memerintahkan kepada keburukan, diperlukan perjuangan atau al-mujahadah. Perjuangan tersebut hanya bisa sempurna dengan al-muraqabah, yakni seorang hamba yang menyadari bahwa dirinya selalu berada dalam pengawasan Tuhan.

Demikian penjelasan seorang Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin, Jumat (9/4) sekaligus mengingatkan bahwa al-mujahadah dan al-muraqabah lah yang sesungguhnya merupakan pangkal dari setiap kebaikan.

Gus Ishom, begitu Ia biasa dipanggil, menegaskan bahwa al-mujahadah hanya bisa sempurna dengan cara mengenal Allah, mengenal musuh Allah yaitu Iblis, mengenal nafsu yang menyuruh kepada keburukan, dan mengenal amal yang ikhlas karena Allah.

Gus Ishom juga menambahkan bahwa martabat tersebut hanya bisa dicapai setelah manusia melakukan muhasabah atau instropeksi diri.

"Perbaiki kondisi hati setiap saat, terus menerus berada di jalur kebenaran, jaga hati agar selalu terhubung dengan Allah, jaga setiap tarikan nafas bersama Allah sehingga ia mengetahui bahwa Allah menyertainya, sangat dekat dengan hatinya, mengetahui keadaannya, melihat perbuatannya, dan mendengar ucapan-ucapannya," pungkasnya. (Muhammad Faizin/Zunus) via nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Ini Kunci Melawan Dorongan Nafsu"

Post a Comment

close