Inilah 5 Butir Deklarasi Kerukunan Umat Beragama Kota Bekasi


Wartaislami.com ~ Puluhan ribu masyarakat yang berasal dari enam agama dan penganut kepercayaan yang berbeda serta organisasi kemasyarakatan (ormas) menyelenggarakan apel dan deklarasi kerukunan umat beragama se-Kota Bekasi, Jawa Barat, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Sabtu (16/4).

Isi deklarasi kerukunan umat beragama yang dibacakan oleh perwakilan umat beragama ormas se-Kota Bekasi antara lain:

Satu, bertekad membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antarumat beragama di Kota Bekasi.

Dua, bertekad membangun dialog di antara para pemuka agama dan umat beragama dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana kedamaian dan kerukunan umat beragama.

Tiga, bertekad membangun kesadaran masing-masing pada umat beragama untuk menjalankan ibadah dengan baik sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing dan tidak akan menyebarkan agama kepada orang yang telah beragama serta tidak terpengaruh oleh bentuk provokasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Empat, bertekad memerangai lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) agar tidak berkembang di Kota Bekasi.

Lima, bertekad untuk berperan aktif dan menyukseskan program pembangunan Pemerintah Kota Bekasi yang maju, sejahtera, dan ihsan.

Deklarasi tersebut ditandangi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi, Soekandar Ghozali, Ketua PC Nahdatul Ulama (NU) Kota Bekasi, KH Mir’an Syamsuri, Ketua Persis KH Beben Mubarok, Tokoh Kristen Protestan Pdt Syamsir Deli Sinaga, Tokoh Kong Hu Cu Suhendar SN, Ketua PP Muhammadiyah KH S Syamsul Bahri, Tokoh Katolik Romo Sarto, Ketua Perisada Hindu Nengah Sumba, Tokoh Budha dr Sosiadi Darma Oenah S.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan sekitar 2,3 juta jiwa masyarakat Kota Bekasi memiliki kesempatan yang sama dalam melaksanakan agama dan keyakinan masing-masing.

“Saya tidak bedakan suku, agama, ras dan antargolongan masyarakat, kita semua adalah anak bangsa. Keyakinan yang berbeda-beda dan sikap toleran merupakan anugerah bagi Kota Bekasi,” kata Rahmat Effendi, Sabtu (16/4).

Dia mengatakan, pihaknya akan menginstruksikan pembentukan majelis umat mulai dari tingkat RT-RW hingga kecamatan dan SKPD terkait.

“Nanti akan kita tunjuk majelis umat sampai ke tingkat RT untuk menyatukan perspektif bangsa meski berbeda agama dan suku atau perbedaan lainnya,” imbuhnya.

Source: www.beritasatu.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah 5 Butir Deklarasi Kerukunan Umat Beragama Kota Bekasi"

Post a Comment

close