KH Cholil Nafis Kritik Fenomena Ustadz Dadakan di TV


Wartaislami.Com ~ Fenomena munculnya ‘ustad karbitan’ yang memenuhi program-program televisi nasional menjadi perhatian serius KH. Cholil Nafis, Wakil Ketua LBM NU Pusat. Ia mengatakan bahwa kredibilitas seorang dai atau penceramah di layar televisi harus memenuhi standar.

Dalam akun facebooknya, KH. Cholil Nafis mengatakan:
“memjadi pengemudi harus punya SIM, menjadi dokter harus punya izin, bahkan menjadi tukang pijat yg resmi harus punya sertifikat. Tapi untuk jadi penceramah, khathib dan ustadz tak perlu sertifikasi yg penting ada orang yg mengndang. Bahkan penceramah di TV sekalipun yg ditonton jutaan manusia dan bisa mempengaruhi 94% pemirsa tak perlu ada standarisasinya.


Realitanya, ada pembela LGBT yg tak pernah menjadi pengajar dan tak punya kualifikasi Ustadz, tiba2 disurbanin dan disuruh ceramah di TV, ada yg tak punya latarbelakang agama tiba2 berfatwa di tv bahwa baca fatihah tak perlu bagi orang yg sdh meninggal dan beberapa kasus lainnya seperti bacaan ayat suci tak tepat dan tak fasih.”

Menurut pengurus MUI Pusat bagian dakwah ini, KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) harus menindak fenomena ini. Ceramah agama hendaklah tidak terlalu banyak dibumbui komedi dan humor yang bertentangan dengan spirit agama.
Masih menurutnya, pihak penceramah/pendakwah haruslah jelas afiliasi kelompok keagamaannya dan dari lembaga yang kredibel.

“Posisi sebagai penceramah inilah yg saya soal di depan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan tim pemantau dan pengawas lembaga penyiaran. Acara keagamaan hendaklah jangan terlalu banyak dibumbui komedi dan humor yg bertentangan dg spirit agama dan penyiar/pendakwah haruslah jelas kelompok keagamaannya atau dari lembaga yg kredibel untuk dapat diundang sebagai penceramah. Penceramah tvi itu harus jels kualifikasinya dan standarisasi agar Islam bisa disampaikan sesuai makna yg sebenarnya. Islam memerintahkan untuk bertanya kpd yg ahli bukan sekedar menyampaikan, apalagi di depan masyarakat umum,” pungkasnya. (mosleminfo.com/dz) via muslimoderat


0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "KH Cholil Nafis Kritik Fenomena Ustadz Dadakan di TV "

Post a Comment

close