KH Maimoen Zubair: Jika Bulan April Punya Uang, Pertanda Setahun akan Punya Uang


Wartaislami.Com ~ Mbah Maimoen Zubair dawuh “Titeni yo cung, angger wulan april kok nyekel duwit, alamat setahun nggowo duwit, iki ora ono kitabe tapi keno gawe titenan”

Ketika ALLOH menghendaki untuk menampakkan hakikatnya yang terpuji, dan memunculkannya
sebagai jasmani dan ruhani dalam bentuk dan pengertiannya, ALLOH memindahkan nur Muhammad dari punggung Sayyid Abdulloh ke kandungan Sayyidah Aminah Az-Zuhriyyah, dan kejadian ini terjadi pada tanggal 10 Rojab.

Diserukan di langit dan di bumi bahwa Aminah mengandungnya.
Dan berembuslah angin sepoi-sepoi basah di pagi hari, angin dari arah selatan arab, yaitu Yaman ke arah utara, yaitu Kota Madinah dan Kota Makkah.
Seperti diketahui, bahwa Yaman adalah daerah di sebelah selatan Saudi Arabia dan merupakan daerah yang dekat dengan pantai seperti Hadlro Maut.

Seperti diisyaratkan:
وصبا كل صب لهبوب نسيم صباه
Mengapa ada angin laut selatan berhembus ke daratan utara?,
Hal itu karena sudah memasuki bulan oktober yang mengandung hujan. Hujan itu kemudian menumbuhkan hijaunya tumbuhan dan bumi diberi pakaian berupa sutra tebal dari tumbuh-tumbuhan setelah lama gersang.
Seperti diisyaratkan:
وكسيت الأرض بعد طول جدبها من النبات حللا سندسية
Musim hujan dimulai pada saat rasi bintang Libra (الميزان) yaitu 23 September sampai 22 Oktober, dan berakhir pada rasi bintang pisces (الحوت) yaitu 20 februari sampai 20 Maret.
Hal ini diisyaratkan Al-Qur’an dengan kata شتاء yang bermakna penghujan, pada firman ALLOH:
لإيلاف قريش إيلافهم رحلة الشتاء والصيف
Kata syita’ didahulukan dalam penyebutannya dari pada kata صيف shoif yang bermakna kemarau menunjukkan bahwa tahun itu sejatinya dimulai pada resi bintang Libra yaitu Awwal oktober. Hal ini dikuatkan dengan Firman ALLOH:
لمسجد أسس على التقوى من أول يوم أحق أن تقوم فيه
Sesungguhnya masjid yang dibangun atas dasar taqwa dari Permulaan hari, itu lebih berhaq kamu mendirikan padanya.
Permulaan hari disini adalah permulaan hari pada resi bintang libra.
Kata syita kalau dilihat berjumlah titik lima di atas, yaitu tiga titik pada huruf syin ش dan dua titik pada huruf ta ت. Hal ini menunjukkan bahwa pada bulan-bulan itu terdapat banyak hujan.
Dan Musim kemarau dimulai Aries (الحمل) Yaitu 21 Maret sampai 20 April, dan berakhir pada resi bintang Virgo (السنبلة) yaitu 22 Agustus – 22 september, dan pada saat musim kemarau inilah bumi gersang selama enam bulan. Hal ini diisyaratkan dengan kata صيف shoif yang bermakna kemarau.
Kata صيف pada huruf awwal tidak terdapat titik diatas sama sekali, menunjukkan bahwa hujan tidak lagi turun, sehingga kehidupan tergantung pada air yang ada di bawah yaitu sumber mata air, sumur, atau danau.

Hal ini diisyaratkan dengan huruf ya’ yang mempunyai titik dibawah. Baru setelah mendekati musim penghujan, yaitu dua bulan terakhir musim kemarau, bulan agustus september mulai sedikit ada hujan yang turun, hal ini diisyaratkan dengan titik satu diatas pada huruf fa’.
Setelah Nabi berada dalam kandungan, tidak lama kemudian muncullah musim hujan yang dimulai pada bulan oktober. Di negeri arab banyak pohon kurma, dan pohon ini tidak akan bisa menumbuhkan hasil berupa buah-buahan apabila tidak ada perkawinan antara putik dan sari dan hal ini harus dibantu oleh petani.
Proses perkawinan sampai menghasilkan buah memakan waktu enam bulan. Seperti diisyaratkan Al-Qur’an:
تؤتي أكلها كل حين
Apabila perkawinan ini dimulai pada awwal rasi Libra (oktober) maka akan menghasilkan panen buah kurma pada saat rasi pisces (maret). Seperti diisayaratkan
وأينعت الثمار وأدنى الشجر للجاني جناه
Maka dapat diketahui bahwa panen kurma terjadi pada bulan maret. Dan Nabi Muhammad dilahirkan pada tanggal 20 April 570 M, yang berarti telah adanya panen raya.
Hal inilah yang sering disampaikan Hadlrotusy Syaikh Maimoen Zubair: “Titeni yo cung, angger wulan april kok nyekel duwit, alamat setahun nggowo duwit, iki ora ono kitabe tapi keno gawe titenan”. (ingatlah nak, apabila bulan april mempunyai uang, alamat satu tahun mempunyai uang, hal ini memang tidak terdapat dalam kitab, akan tetapi bisa untuk pengingat).
Mengapa bulan April mempunyai uang?
Hal itu karena telah terjadi panen pada bulan maret, dan pada bulan april telah mendapatkan keuntungan panen sehingga mempunyai pemasukan untuk tahun berikutnya.
Karena itu, apabila pada bulan april usahakan tidak ada hutang, karena sudah ada hasil dari panen tersebut.

Dapat diketahui bahwa umur kandungan nabi didominasi oleh musim penghujan (sekitar enam bulan), Yaitu Akhir september, Oktober, November, Desember, Januari, Februari, Maret. Sedangkan Awwal bulan September dan Awwal bulan april merupakan musim yang kurang adanya hujan.
Hal ini menunjukkan bahwa Nabi membawa risalah yang berpokok pada ilmu yang diisaratkan sebagai air yang menumbuhkan seperti tersirat dalam ayat:
ألم تر أن الله أنزل من السماء ماء فأخرجنا به ثمرات
dan sumber kehidupan:
وجعلنا من الماء كل شيء حي
Bahkan ayat pertama yang diturunkan merupakan ayat yang menunjukkan kemulyaan ilmu:
الذي علم بالقلم علم الإنسان ما لم يعلم
Karena itu, marilah kita pelajari ilmu agama yang merupakan salah satu tiang dalam agama, karena ilmu agama merupakan satu-satunya tiang yang masih kokoh, sedangkan jihad pada waktu sekarang sudah sangat sulit untuk dilakukan. Dua hal ini seperti dikatakan dalam satu ayat:
وما كان المؤمنون لينفروا كافة فلولا نفر من كل فرقة منهم طائفة ليتفقهوا في الدين ولينذروا قومهم إذا رجعوا إليهم لعلهم يحذرون.
Semoga bermanfaat.
Sumber: Kanthongumur (FB) via muslimoderat

1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "KH Maimoen Zubair: Jika Bulan April Punya Uang, Pertanda Setahun akan Punya Uang "

  1. Alhamdulillah ilmu baru... yang mau ilmu monggo mampir ke http://terapanloa.blogspot.com atau cangkrukan di ....

    http://gresikzonx.blogspot.co.id/2016/04/film-yang-menginspirasi.html

    ReplyDelete

close