Suluk Matan Memperkuat Aswaja dan NKRI


Wartaislami.Com ~ Suluk Mahasiswa Ahluth Thariqoh al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah (MATAN) dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 21-22 Mei 2016 di LPBA-MASA (Lembaga Pengajaran Bahasa Arab-Masjid Agung Sunan Ampel) Surabaya. Acara dihadiri sekitar 30 anggota dari berbagai daerah di Jawa Timur, bahkan diikuti beberapa pelajar dari Malaysia. Acara ini sebagai runtutan acara Haul Mbah Ampel ke- 567.

Ketua Panitia Suluk MATAN (SULTAN) Muhammad Zulfan Badrunaja dari PP Nurul Khoir Wonorejo Rungkut Surabaya, yang akrab dipanggil dengan Gus Zulfan menyampaikan: "Acara Suluk MATAN memiliki tema -mencerdaskan akal, memuliakan hati- yang memang baru pertama kali dilaksanakan di Surabaya sebagai jawaban atas beberapa keresahan kaum muda dan mahasiswa NU untuk memahami lebih jauh dunia Thoriqoh".

Kegiatan ini juga mendapat suport dari Gus M. Ghozi Ubaidillah dan Gus Achnaf dari PP. Tahsinul Akhlaq Rangkah Surabaya, Gus Ahmad Miftahul Haq dari PP Al Isma'iliyah Ngelom Sepanjang Sidoarjo, Gus M. Nadzim dari PP. Taqwimul Ummah Jemursari Surabaya, Gus M. Fuad Najib dari LPBA Surabaya, dan Ketua MATAN Jatim Gus Ahmad Farih Sulaiman dari Pesantren Denanyar Jombang.

Ketua LPBA dan Ketua Yayasan Sunan Ampel, Gus Hifni Nawawi mendukung penuh kegiatan ini yang telah memberikan kontribusi besar pada masyarakat dan NU untuk terus mengembangkan spiritualitas masyarakat melalui jalan Thoriqoh sebagai bukti konkrit pergerakan MATAN.

Adapun rangkaian acara Suluk MATAN adalah: K.H. Abdurrahman Navis (Ketua Aswaja Centre PWNU Jatim: Materi Ke-ASWAJA-an), Dr. Wasith (Pengasuh Ma'had Aly UIN Sunan Ampel: Sejarah Indonesia), Bapak Hakim Jayli, M.Si. (Dirut TV9: Entrepreneur I), Djohan dari PT Djarum, TBK: Entrepeneur II) Abdulloh Hamid, M.Pd. (Pengurus Pusat MATAN: ke-MATAN-an) K.H. Zaid bin Muhammad (Muqoddam Thoriqoh Tijani Ampel Surabaya: Ke-Thoriqoh-an).

Adapun tindak lanjut acara ini antara lain membentuk relasi antara MATAN dengan LPBA-MASA, PT Djarum, TV9, PWNU Jatim, dan berbagai pihak lainnya. Kemudian mengadakan kegiatan rutinan MATAN Surabaya, memperkuat paham ASWAJA dan NKRI, membentuk kader-kader muda baru Thoriqoh di area Surabaya dan Sidoarjo. [dutaislam.com/afr]



0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Suluk Matan Memperkuat Aswaja dan NKRI"

Post a Comment

close