Percayalah, Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil !


Wartaislami.com ~ Ada salah satu kalimat dalam Al-Qur’an yang tak asing ditelinga kita yaitu kalimat (كُن فَيَكُونُ) “Kun Fayakun”. Ketika Allah telah berkehendak untuk jadi maka terjadilah.

Kalimat ini disebutkan 8 kali didalam Al-Qur’an dan pengulangan ini bertujuan untuk menunjukkan dan meyakinkan kita tentang luasnya kekuasaan Allah swt.

وَإِذَا قَضَى أَمْراً فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Apabila Dia hendak Menetapkan sesuatu, Dia hanya Berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka terjadilah sesuatu itu.” (QS.al-Baqarah:117)

Namun yang dimaksud dengan perkataan Kun Fayakun dalam ayat-ayat ini bukanlah perkataan verbal yang keluar dari lisan. Perkataan Kun Fayakunmaksudnya adalah kehendak Allah swt untuk mewujudkan sesuatu. Jika Dia berkehendak untuk terwujud, maka terwujudlah. Bukan berarti sebuah perkataan yang harus terucap.

Dan kalimat ini termuat dalam 8 tempat berikut ini :

QS.al-Baqarah 117, QS.Ali Imran 47, QS.Ali Imran 59, QS.al-An’am 73, QS.an-Nahl:40, QS.Maryam 35, QS.Yasiin 82, QS.Ghofir 68.

Lalu apa pelajaran penting yang dapat kita ambil dari ayat diatas?

Jika kekuasaan dan kemampuan Allah meliputi segala sesuatu dan segala sesuatu akan terjadi dengan kehendak-Nya, lantas kenapa kita masih bersedih dan mudah putus asa? Ketahuilah bahwa seorang yang memiliki Allah tidak menyimpan kata mustahil dalam kamus hidupnya.

Ketika putus asa itu datang dan berkata, “Mustahil keinginanmu akan terwujud !”. Maka ceritakan kepadanya tentang kebesaran dan kekuasaan Tuhan Pemilik Alam Semesta.”
وَإِذَا قَضَى أَمْراً فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Apabila Dia hendak Menetapkan sesuatu, Dia hanya Berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka terjadilah sesuatu itu.” (QS.al-Baqarah:117)

Tidak ada sesuatu yang mustahil. Semua akan terjadi dengan kehendak-Nya. Maka dekatkan diri kepada Allah swt. Karena Allah berfirman dalam Hadist Qudsi-Nya,

“Hamba-Ku taatlah kepada-Ku maka kalian akan menjadi seperti-Ku. Ketika berkata (كُن) terjadi ! maka terjadilah (فَيَكُونُ).”

Source: www.khazanahalquran.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Percayalah, Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil !"

Post a Comment

close