Inilah Semangat Mbah Maimoen Hadir di Arena Konferensi Internasional Bela Negara


Wartaislami.com ~ Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair sudah hadir untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan Konferensi Internasional Bela Negara di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu-Jumat (27-29/7). Dibantu oleh panitia ketika turun dari mobil yang ditumpanginya, Mbah Maimoen tiba di Hotel Santika Pekalongan tempat yang telah disediakan oleh panitia untuk undangan VIP.

“Beliau tadi tiba sekitar pukul 15.00 WIB langsung dari Rembang ke sini menaiki mobil,” ujar Sekretaris PCNU Pekalongan H Muhtarom yang ikut mengawal proses kedatangan tamu, baik ulama nasional dan internasional.

Mbah Moen, sapaan akrabnya memang terkenal salah satu ulama sepuh di kalangan NU dan masyarakat Indonesia tetapi masih mempunyai semangat tinggi ketika berbicara urusan negara dan umat.

Hal ini dibuktikan ketika hadir di arena Muktamar Ke-33 NU di Jombang setahun lalu. Meskipun beliau hadir dengan menggunakan kursi roda namun tetap berdiri ketika sesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tanpa dipapah oleh siapapun, seketika itu beliau berdiri. Momen ini diabadikan oleh putri sulung Gus Dur Alissa Wahid yang menyaksikan kejadian tersebut lewat akun twitternya.

Semangat yang sama juga Mbah Moen tunjukkan ketika membakar semangat anak-anak muda NU di arena Muktamar tersebut. Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang ini memberikan materi tantangan kaum muda NU di masa depan yang semakin kompleks karena tidak hanya menghadapi kelompok-kelompok yang membahayakan keutuhan negara, tetapi juga dunia teknologi yang makin berkembang pesat. Kini semangat serupa ditunjukkan oleh ulama kharismatik itu dalam kegiatan dengan esensi Bela Negara tersebut.

30 menit setelah Mbah Maimoen hadir, Menteri Pertahanan RI Riyamizard Riyacudu juga tiba di tempat yang sama untuk membuka acara pembukaan konferensi, Rabu (27/7) yang dihadiri sekitar 65 ulama internasional dari 40 negara.

Dengan tema "Bela Negara: Konsep dan Urgensinya dalam Islam", kegiatan yang diselenggarakan oleh Jam’iyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji optimalisasi peran elemen bangsa dan potensi sumber-sumber ekonomi untuk mewujudkan kemajuan, kesejahteraan dan kemandirian bangsa. Selain itu, membahas hubungan dan kerja sama antar-negara, serta jaringan internasional ulama Ahlussunnah wal Jama’ah. (Fathoni) via nu online
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah Semangat Mbah Maimoen Hadir di Arena Konferensi Internasional Bela Negara"

Post a Comment

close