Ini 5 Dosa yang Langsung Dibalas Allah di Dunia


Wartaislami.com ~ Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai manusia secara sadar dan tidak sadar sering melakukan kesalahan yang mengakibatkan dosa kita semakin bertumpuk setiap harinya.

Dosa-dosa tersebut nantinya tentu harus kita pertanggungjawabkan di akhirat nanti.

Namun tahukah Anda bahwa selain dibalas di akhirat, ada beberapa dosa yang balasannya disegerakan oleh Allah di dunia. Dosa apa saja? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi takaran timbangan
Meskipun berdagang ialah salah satu Pekerjaan yang dianjurkan dalam Islam dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Sendiri ialah seorang pedagang  Namun bukan berarti kita melakukan sembarang ketidak jujuran dalam berdagang. Seperti contohnya mengurangi takaran timbangan.

Pada saat ini banyak  yang beralih menjadi pedagang dan pengusaha karena tergiur dengan  keuntungan yang berlipat ganda sehingga banyak yang rela melakukan perbuatan kotor seperti ini. Padahal kesalahan mengurangi takaran timbangan ini akan membuat Allah segerakan balasannya di akhir zaman  nanti sedangkan di dunia para pengurang  takaran  timbangan ini  akan mengalami peceklik yang panjang, kesempitan hidup dan kezaliman yang dilakukan kepada penguasa.

Rasulullah SAW  bersabda:  barangsiapa menjadikan akhir zaman sebagai orientasi hidupnya  maka Allah akan  jadikan kekayaan ada dalam hatinya,  Allah himpun kekuatannya,  dan dunia akan menghampirinya, sedang ia tidak menginginkannya, Dan sebaliknya Barang siapa menjadikan dunia  sebagai cita-citanya,  Allah jadikan ke kamu  kefakiran ada di depan matanya,  Allah cerai beraikan urusannya  dan dunia tidak menghampirinya kecuali apa yang sudah Allah takdirkan untuknya ( HR. Tirmizd :2Di mana465 )

2. menahan  zakat
Zakat adalah rukun Islam yang paling besar Dalam hubungan sesama manusia.  zakat berfungsi sebagai membersihkan harta.  Allah subhanahu wa ta'ala berfirman : “  Ambillah zakat dari sebagian harta mereka,  dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka, Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka.  dan Allah maha mendengar lagi Maha Mengetahui “ (  QS. at-taubah : 103 )

Sesungguhnya menahan zakat adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah karena perbuatan ini akan mendapat balasan di akhir zaman kelak bukan hanya itu perbuatan menahan zakat juga  akan dibalas di dunia oleh Allah subhanahu wa ta'ala Seperti ditahannya hujan dari langit dan mereka akan mengalami  kemarau yang panjang.

3.  berbuat zina
Berzina juga termasuk dalam perbuatan yang dibenci oleh Allah.  Allah segerakan balasannya di dunia. Perbuatan ini termasuk ke dalam golongan dosa besar. dalam hukum islam seseorang yang melakukan zina akan dihukum cambuk dan diasingkan ketempat yang jauh dari pemukiman. dan balasan didunia bagi orang yang berzina akan tertular penyakit berbahaya. inilah hukum Allah yang diberlakukan bagi orang yang berbuat zina.

4. Berbuat riba
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman, maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan RasulNya akan memerangimu.dan jika kamu bertaubat maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya,” (QS. Al-baqarah : 278-279)

adapun balasan selama didunia bagi pelaku riba ialah dijauhkan dia dari rahmat Allah.

5.Dosa kepada kedua orangtua
Allah mewajibkan kita untuk berbakti kepada kedua orangtua setelah kewajiban menyembah kepadanya. karena kewajiban ini Allah akan sangat murka apabila kita durhaka kepada orangtua. bahkan balasannya akan langsung kita rasakan didunia, Rosulullah SAW bersabda : “ ada dua pintu amalan yang disegerakan balasannya didunia; kedzoliman dan durhaka pada orang tua” (HR. Hakim dan dishohihkan Al-albani dalam ash-shohihah : 1120)

balasan tersebut adalah merasa ketidaknyaman dalam hidup dan tidak pernah merasa tentram dan bahkan dijauhkannya seseorang dari rizki oleh Allah SWT.

itulah lima kesalahn yang langsung dibalas oleh Allah SWT.setiap apa yang kita dapatkan tak pernah luput dari perbuatan kita. jika itu bai maka akan dibalas baik, dan jika itu buruk akan dibalas buruk. semoga hal ini bisa menambah kembali keyakinan dan keimanan kita tentang hukum-hukum Allah. semoga  bermanfaat.


Sumber :dream.co.id




0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Ini 5 Dosa yang Langsung Dibalas Allah di Dunia"

Post a Comment

close