Apakah yang Didapatkan Seseorang Ketika Membaca Ayat Kursi?


Wartaislami.com ~ Sejak kecil kita telah dibiasakan oleh orang tua atau guru kita untuk menghafalkan ayat kursi. Ya, ayat ini sudah sangat populer diantara kaum muslimin disetiap generasi.

Ayat ini terletak dalam Surat Al-Baqarah pada ayat ke-255. Disebut ayat kursi karena ada kalimat kursi didalamnya,

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ

“Kursi-Nya meliputi langit dan bumi.”

Namun sebab pemberian namanya bukan hanya karena ada kalimat kursi,karena nama ini diberikan langsung oleh Sang Penerima Al-Qur’an, Nabi Muhammad saw. Ya, beliau lah yang memberi nama ayat ini sehingga diteruskan oleh para sahabat, tabi’in dan seterusnya hingga hari ini.

Ayat ini adalah ayat yang termulia dan teragung menurut Rasulullah saw. Kenapa begitu agung?

Karena tidak ada satu ayat pun yang menyebutkan Nama-Nama Allah sebanyak ayat kursi. Disebutkan bahwa Nama Allah disebut sebanyak 16 kali dalam ayat ini. Baik Nama secara langsung atau berbentuk Dhomir.

Dan sebelum masuk dalam tafsiran ayat kursi, kita akan mengupas keutamaan dan pahala membaca ayat ini terlebih dahulu. Agar kita dapat lebih bersemangat dan lebih menghayati ketika membaca ayat teragung ini.



Keutamaan Ayat Kursi

1. Rasulullah saw bersabda,

“Aku diberi ayat kursi dari sebuah penyimpanan dibawah Arsy yang tidak pernah diberikan kepada para nabi sebelumku.”



2. Rasulullah saw bersabda,

“Segala sesuatu ada puncaknya dan puncak dari Al-Qur’an adalah ayat kursi.”



3. Rasulullah saw bersabda,

“Siapa yang membaca ayat kursi disetiap selesai solatnya maka yang akan mengambil nyawanya adalah Sang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan (Allah swt). Dan ia bagaikan seorang yang berjuang dijalan Allah bersama para nabi hingga mati syahid.”

Yang dimaksud yang Mengambil nyawanya adalah Allah secara langsung bukan berarti tidak didatangi oleh Malaikat Izrail. Karena Rasulullah saw pun didatangi oleh Izrail. Yang dimaksud oleh hadist ini adalah bahwa Allah Akan Memberi keutamaan yang khusus di akhir hayat seseorang yang rajin membaca ayat kursi setelah solat.



4. Rasulullah saw bersabda,

“Siapa yang membaca ayat kursi satu kali maka Allah akan Menyingkirkan 1000 bencana dari bencana dunia dan 1000 bencana dari bencana akhirat. Yang paling ringan dari bencana dunia adalah kemiskinan dan yang paling ringan dari bencana akhriat adalah adzab kubur.”



5. Imam Ali bin Abi thalib berkata,

“Aku mendengar Nabi kalian bersabda diatas mimbarnya bahwa barangsiapa yang membaca ayat kursi disetiap selesai solatnya maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian. Dan tidak ada yang mampu konsisten dengannya kecuali orang-orang yang siddiq dan ahli ibadah.

Dan siapa yang membacanya ketika hendak tidur maka Allah akan Menjaganya beserta tetangga serta tetangga dari tetangganya.”

Yang dimaksud tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian adalah bahwa pemisah dirinya dengan surga hanyalah kematian. Ia hanya menunggu kematian datang untuk segera masuk kedalam surga Allah swt. Karena alam kubur dapat menjadi taman dari taman-taman surgawi atau jurang dari jurang-jurang neraka.



6. Rasulullah saw bersabda,

“Tidaklah ayat ini dibaca disebuah rumah kecuali setan pergi dari rumah itu selama 30 hari. Dan tidak ada seorang pun dari penyihir lelaki maupun wanita yang dapat memasukinya selama 40 malam.

Wahai Ali, ajarkanlah ayat ini kepada keturunanmu, keluargamu dan tetangga-tetanggamu. Karena tidak ada satu ayat pun yang turun yang lebih agung dari ayat ini.”

Masih banyak lagi keutamaan dan pahala membaca ayat kursi.

Source: www.khazanahalquran.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Apakah yang Didapatkan Seseorang Ketika Membaca Ayat Kursi?"

Post a Comment

close