Pencemar Nama Baik NU Pamekasan Siap Minta Maaf Terbuka


Kantor PCNU di Jalan R Aziz Pamekasan disesaki banyak orang, Ahad (4/12). Mereka terlihat tegang karena sedang berlangsung sidang pencemaran nama baik NU.

Dari sederet orang tersebut, terdapat pria berkopiah putih duduk tertunduk lesu. Tak sepatah katapun keluar dari mulutnya.

Dialah Moh Hotib, pria asal Kabupaten Pamekasan yang beberapa hari sebelumnya tidak mampu mengontrol jempolnya. Melalui satu perangkat media sosial (medsos), dia merangkai kata-kata yang mengarah pada pencemaran nama baik Nahdlatul Ulama.

Perilaku tak terpuji Hotib tergolong hate speech (ujaran kebencian). Dia pun terancam diperkarakan hingga berujung penjara. Banyak warga Nahdliyin terbakar emosi hendak menyikapinya "secara adat".

Untungnya, pimpinan Pengurus Cabang NU Pamekasan mampu mendinginkan situasi. Dilangsungkanlah sidang bernuansa kekeluargaan di kantor PCNU yang dihadiri Ketua PCNU Pamekasan KH Taufiq Hasyim, Ketua Lakpesdam NU Taufiqurrahman, Wakil Ketua PCNU Sohebuddin, Ketua Majlis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Mahrus Miyanto, pengurus terus tanfidziyah PCNU, lajnah, lembaga, GP Ansor, dan warga Nahdliyin.

KH Taufiq Hasyim menegaskan, sidang tersebut bertujuan guna memperjelas akar persoalan; mengetahui secara langsung maksud Hotib melakukan ujaran kebencian terhadap NU.

"Sebenarnya bisa saja langsung melaporkan saudara Hotib ke aparat. Apalagi kami sudah MoU dengan Polres Pamekasan terkait ujaran kebencian. Tapi kami tempuh jalur kekeluargaan dulu. Dilangsungkanlah sidang yang disaksikan semua pihak," ujar Pengasuh Pesantren Sumber Anom, Pegantenan, Pamekasan tersebut.

Melalui sidang dan komunikasi kekeluargaan, tambah Kiai Taufiq, diharapkan ada efek jera bagi pelaku. Niat Kiai Taufiq bersama pengurus NU lainnya ialah untuk memberi pelajaran terdidik terhadap siapa pun yang bertindak salah.

Selama sidang berlangsung, Hotib menampakkan penyesalan atas perbuatannya. Dia menyatakan siap melakukan ap apun supaya tindakan negatifnya dapat pengampunan dari NU.

Berhubung NU merupakan organisasi warga Nahdliyin yang berasal dari ragam profesi, akhirnya dalam sidang tersebut menghasilkan beberapa keputusan yang tertuang hitam di atas putih berkekuatan hukum atau bermaterai dan ditandatangani Moh Hotib.

Beberapa poin keputusan tersebut meliputi Hotib wajib minta maaf secara terbuka di media cetak dan online. Selain itu, sowan ke mustasyar dan Rais Syuriyah PCNU Pamekasan. Selanjutnya, akan ada rencana tindak lanjut setelah Moh Hotib sowan ke masyaikh. (Hairul Anam/Abdullah Alawi)

Sumber :nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Pencemar Nama Baik NU Pamekasan Siap Minta Maaf Terbuka"

Post a Comment

close
Banner iklan disini