Ungkapan Fenomenal Hadratussyekh Satukan Islam dan Nasionalisme


Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, hubbul wathan minal iman, artinya cinta tanah air sebagian dari iman. Ungkapan tersebut muncul dari Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari.

Ungkapan tersebut, menurut Kiai Said sangat fenomenal di kalangan umat islam Indonesia. Bahkan ada sebagian orang yang menganggap bahwa ungkapan itu adalah hadits.

"Ungkapan ini terkenal sedunia,” ungkapnya saat berceramah di pelantikan PWNU Jawa Barat yang digelar di Pesantren Ashidiqiyyah Karawang, Sabtu (17/12)

Menurut Kiai Said, tidak ada ulama besar di dunia ini yang berani menyatakan hubbul wathan minal iman. Namun KH Hasyim Asy'ari berani mengungkapkannya.

“Nasionalisme KH Hasyim Asy'ari berbeda dengan nasionalisme Eropa maupun nasionalisme sekuler Arab," tegas Pengasuh Pesantren Atsaqofah itu sambil menyebut tokoh Eropa dan ulama Timur Tengah.

Menurut Kiai Said, lahirnya ungkapan hubbul wathan minal iman ini tidak lepas dari konsep Islam Nusantara yang telah berhasil mengawinkan antara nasionalisme dan Islam di Indonesia berbeda dengan di beberapa negara Timur Tengah yang mempunyai kesulitan dalam menyatukan keduanya.

"Makanya kiai-kiai bikin pesantren yang terkenal nama desanya, bukan nama pesantrennya; Lirboyo, Lasem, Rembang, Krapyak, Buntet, Cipasung, Kempek," tambahnya.

Ditambahkannya, menyatunya nasionalisme dan Islam di Indonesia bisa dilihat dari bangunan masjid, kantor pemerintah dan alun-alun yang saling berdekatan. Masjid menjadi simbol ulama, kantor pemerintah sebagai umaro dan alun-alun simbol rakyat.

Ketiga komponen tersebut, kata dia, mesti bersatu dalam membangun dan menjaga PBNU (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945).

Kiai Said pun memberikan ucapan selamat kepada KH Muhammad Nuh Addawami dan KH Hasan Nuri Hidayatullah yang dipercaya menjadi Rais dan Ketua PWNU Jawa Barat.

Ia berharap PWNU Jawa Barat tetap istiqomah dalam memngawal dan menjaga NKRI dan paham Ahlussunah wal-Jamah di tanah Sunda.

Dalam kesempatan itu, selain dihadiri oleh beberapa pengurus PBNU dan PCNU se-Jawa Barat, juga turut hadir beberapa Anggota DPR RI, DPRD dan Pangdam Siliwangi dan Kapolda Jawa Barat. (Aiz Luthfi/Abdullah Alawi)

Sumber : nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Ungkapan Fenomenal Hadratussyekh Satukan Islam dan Nasionalisme"

Post a Comment

close
Banner iklan disini