Hafal Juz 'Amma, Murid Jember Bebas Pilih SMP Negeri



WartaIslami ~ Bagi lulusan SD atau Madrasah Ibtidaiyah di Jember yang hafal Juz 'Amma dan dua Juz Al-Quran, diberi kebebasan untuk melanjutkan ke SMP Negeri yang diinginkan. Mereka bisa masuk ke SMP favorit tanpa harus ikut tes. Hal tersebut disampaikan Bupati Jember, Faida di sela-sela sebuah acara di Jember, Senin (12/6) malam.

Menurut Faida, kebijakan tersebut sebagai penghargaan bagi penghafal Al-Qur’an, sekaligus untuk memacu para pelajar untuk mencintai Al-Qur'an.

"Kebijakan ini merupakan implementasi dari 22 janji kerja Bupati, yang salah satunya adalah meningkatkan mutu pendidikan diniyah atau madrasah dan pondok pesantren," tukasnya.

Mereka yang hafal Juz 'Amma dan dua Juz Al-Qur’an itu, tidak perlu mengikuti tes tulis untuk masuk SMP Negeri, kecuali hanya dites hafalan dan kemampuan membaca Al-Qur’an. Mereka akan diterima di SMP Negeri yang diinginkan melalui jalur prestasi.

Selain mendapat kemudahan masuk di SMP Negeri, mereka nantinya juga dibebaskan untuk membayar SPP.

Dihubungi secara terpisah, Ketua LP Ma’arif NU Jember, H Hobri Aliwafa menyambut baik kebijakan tersebut. Sudah selayaknya pelajar-pelajar yang berprestasi di bidang agama, termasuk yang hafal Al-Qu'ran diberi penghargaan oleh Pemerintah Kabupaten Jember.
"Saya kira ini terobosan yang bagus sekali," ucapnya. (Aryudi A. Razaq/Fathoni)


Resource Berita : nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Hafal Juz 'Amma, Murid Jember Bebas Pilih SMP Negeri"

Post a Comment

close
Banner iklan disini