Masjid Indonesia Jeddah Ciptakan Generasi Qur’ani dengan Beragam Lomba



WartaIslami ~ Masjid Indonesia Jeddah (MIJ) kembali menunjukkan dedikasinya dalam membentuk tunas-tunas bangsa di luar negeri sebagai generasi qur’ani. Selama 14 tahun MIJ rutin menjadi fasilisator berbagai lomba bagi anak-anak Indonesia yang berdomisili di Tanah Hijaz (Jeddah, Makkah, Madinah dan sekitarnya) setiap bulan Ramadhan.

Beberapa lomba yang diadakan MIJ di antaranya, Musabaqah Hifdhil Qur’an (MHQ), adzan, shalawat, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dan kaligrafi.

Dimulai hari Kamis (8/7), kegiatan ini dihelat secara maraton selama tiga hari dan diikuti kurang lebih 250 peserta perwakilan dari TPA Al-Naashiriyyah Jeddah, Sekolah Indonesia Makkah (SIM), dan masyarakat lainnya.

“Di tengah masa amnesti kali ini, antusiasme masyarakat tidak surut. Masih sama besarnya dengan yang terdahulu. Diharapkan terus bertambah karena mereka adalah penerus perjuangan kita di Arab Saudi,” ungkap Ahmad Fuad, Ketua PCINU Arab Saudi.

KJRI Jeddah yang diwakili oleh Umar Badarsyah selaku Plt. Pensosbud KJRI Jeddah mengapresiasi semangat dan partisipasi masyarakat Indonesia di Jeddah yang konsisten memotivasi anak didik menjadi hafidh dan hafidhah (penghafal Al-Qur’an).

“Saya bahagia sekali. Para penghafal Al-Qur’an adalah keluarga Allah SWT,” terangnya.

Pada puncaknya, acara ini ditutup dengan pembagian hadiah dan kehadiran KH Mudatstsir Badruddin (Wakil Rais Syuriyah PWNU Jatim), Ir Ahmad Fuad selaku Ketua PCINU Arab Saudi, KJRI Jeddah, Formida (Forum Masyarakat Indonesia Jeddah), GP Ansor Arab Saudi dan beberapa tokoh masyarakat serta ormas/LSM lainnya.

“Para hafidh dan hafidhah termasuk golongan yang menjaga Al-Qur’an. Saya berharap yang di-tahfid bukan hanya Al-Qur’an. Tapi juga Al-Hadits semisal Arba’in Nawawi,” tutup KH Mudatstsir di puncak acara yang sekaligus untuk memperingati malam Nuzulul Qur’an Sabtu kemarin. (Thobib/Mukafi Niam)


Resource Berita :  nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Masjid Indonesia Jeddah Ciptakan Generasi Qur’ani dengan Beragam Lomba"

Post a Comment

close
Banner iklan disini