Melihat Alquran Berlapis Emas 18 Karat yang Telah Berusia 250 Tahun



WartaIslami ~ Alquran dari daun lontar milik Marwarni Udjang dipercaya sebagai Alquran tertua di Kabupaten PALI. Nah, di Palembang, ada juga Alquran berlapis emas 18 karat, yang usianya diperkirakan sudah lebih dari 250 tahun.
DIAN CAHYANI - Palembang

KEMAS H Andi Syarifuddin menjadi pewaris ketujuh Alquran bersejarah berlapis emas 18 karat di Palembang. Pria berusia 46 tahun itu salah satu imam di Masjid Agung Palembang. Sosok pria berkacamata ini sangat welcome menerima kedatangan wartawan Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group).

"Iya, ini Alquran yang sudah berumur 250 tahun," tuturnya mengawali perbincangan saat ditemui di rumahnya, Jl Faqih Jalaluddin, Lr Fahrudin, Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Dengan lugas, pria berkulit sawo matang itu pun mengaku sudah menjadi pewaris Alquran tersebut pada 1990. Saat itu, dirinya masih duduk di bangku kuliah. “Alquran ini peninggalan penghulu Kesultanan Palembang,” bebernya.

Tak hanya berlapis emas, Alquran itu pun pada penulisan tidak menggunakan mesin cetak, tapi tulisan tangan menggunakan goresan tinta emas. "Ada tiga bagian lapisan emas di dalam Alquran ini," tuturnya.

Masing-masing lapisan emas pada halaman depan Surah Al-Fatihah. Lapisan emas di halaman tengah, Surah Al-Kahfi, dan halaman terakhir Surah An-Nas. "Sudah pernah dites, lapisan emas ini dengan 18 karat. Kertasnya pun dari Eropa," terangnya.

Alquran berlapis emas bukan hanya satu yang dipegang Andi. Ada satu Alquran lagi juga berlapis emas, sedangkan delapan lainnya hanya tulisan tangan biasa. "Saya ada 10 Alquran warisan, 2 di antaranya berlapis emas, sedangkan 8 tidak. Semuanya merupakan tulisan tangan," lanjutnya.

Selama menjadi pewaris ketujuh, Andi sudah beberapa kali mengikuti pameran kitab bersejarah. Terakhir pameran di Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 2015. Sebelumnya, pernah di Makassar, Banjarmasin, dan Jakarta.

Namun sayangnya, kondisi Alquran itu pun kini telah terlihat mulai kusam lantaran termakan usia dan terkena air. "Sudah ada beberapa kolektor yang menawar Alquran ini dengan harga fantastis, tapi saya tolak untuk mempertahankan warisan keluarga. Terakhir, ditawar kolektor Malaysia dengan imbalan memberangkatkan haji, juga saya tolak," pungkasnya. (*/air/ce3/nas/JPG)


Resource Berita : jawapos.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Melihat Alquran Berlapis Emas 18 Karat yang Telah Berusia 250 Tahun "

Post a Comment

close
Banner iklan disini