Kiai Ma'ruf Ungkap Sosok Teladan Syekh Nawawi Al Bantani



WartaIslami ~ Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus pengasuh Pendok Pesantren An Nawawi, KH Ma'ruf Main menjelaskan sosok Syekh Nawawi Al Bantani yang patut diteladani umat Islam saat ini. Menurut dia, Syekh Nawawi merupakan ulama besar Indonesia yang mempunyai keilmuan tinggi dan pemikirannya sangat moderat.

“Syekh Nawawi Al Banteni itu seorang tokoh Indonesia yang punya reputasi Internasional, seorang ulama yang keilmuannya diakuai di dunia, di akui di tempat ilmudi Tmur Tengah, di Mesir, itu diakui beliau sebagai seorang ulama besar abad ke-14 hijriah,” ujar Kiai Ma'ruf saat ditemui Republika.co.id, di kediamannya, Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Serang, Banten, Sabtu (22/7) dini hari.

Hal ini disampaikan Kiai Ma'ruf dalam rangka Haul Syekh Nawawi Al Bantani ke-124. Menurut Kiai Ma'ruf, kitab karangan Kiai Ma'ruf sendiri sudah ada ratusan lebih yang dijadikan rujukan para ulama di dunia. Karena itu, tak heran muridnya banyak yang menjadi ulama besar, pimpinan pondok pesantren, dan para pendiri ulama besar.

Termasuk, lanjut dia, salah satu muridnya adalah Syekh Kholil Bangkalan dan juga pendiri Nahdlatul Ulama Kiai Hasyim Asy'ari, serta pendiri Muhammadiyah Kiai Ahmad Dahlan. Menurut Kiai Ma'ruf, Kiai Ahamd Dahlan merupakan murid dari KH Saleh Darat, sedangkan Saleh Darat adalah muridnya Syekh Nawawi.

“Karangannya kan ratusan ada tafsir hadis dan lain-lain, yang murid-muridnyanya itu semua jadi ulama, pimpinan pondok pesantren, bahkan para pendiri organisasi Islam,” ucapnnya.

Karena itu, Kiai Ma'ruf mengatakan bahwa terdapat banyak hal yang patut diteladani dari sosok Syekh Nawawi, termasuk cara berpikirnya yang sangat moderat, sehingga ajaran Islam di Indonesia dapat menyebar ke seluruh nusantara.

“Yang harus menjadi teladan itu pandangannya sangat moderat, dan akomodatif terhadap berbagai hal, misalnya kebiasaan-kebiasan lokal, tradisi yang tidak bertentangan dengan syariah, itu diakui dan diadopsi, dijadikan sesuatu yang tidak bisa dihilangkan,” kata Kiai Ma'ruf.



Resource Berita : republika.co.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Kiai Ma'ruf Ungkap Sosok Teladan Syekh Nawawi Al Bantani"

Post a Comment

close
Banner iklan disini