Mengapa Anak-Anak tak Boleh Keluar Petang? Ini Alasannya



WartaIslami ~Masih kental di ingatan, bagaimana orang tua kerap menyuruh kita agar segera masuk rumah begitu waktu maghrib tiba atau tepatnya beberapa menit sebelum azan maghrib berkumandang. Didikan ini juga membekas dan banyak sebagian dari kita yang mempraktikkan dan menerapkannya kepada para buah hati. Tetapi apa sebenarnya alasan kuat di balik ajaran tersebut?

Inilah kehebatan orang tua kita, menerapkan sunah dan ajaran agama, tanpa harus bertele-tele menjelaskan beragam dalil yang mendasarinya. Dan ternyata, ungkap Syekh Badruddin bin Abdullah as-Syibli dalam kitab Gharaib wa ‘Ajaib al-Jin, didikan tersebut mempuyai landasan kuat dari teks agama.

Seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda, ”Jika malam menjelang atau petang tiba, jagalah anak kalian, karena setan mulai berkeliaran saat itu. Jika sudah lewat beberapa waktu kemudian, biarkan (jika mereka mau) keluar, tutuplah pintu, sebutlah asma Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup, rapihkan tempat minum kalian, sebutlah asma Allah, tutup wadah makan kalian, sebutlah asma Allah meski kalian akan menggunakannya kembali, dan padamkanlah lampu kalian.”

Menurut Ibnu al-Jauzi sebagaimana dinukilkan dari kitab Fath al-Bari, alasan kuat mengapa anak-anak kecil harus segera dijaga dan diminta masuk rumah, pada waktu menjelang petang atau sebelum azan maghrib tiba, karena memang secara umum kondisi najis kerap ada di mereka, sementara mereka belum mampu berzikir yang merupakan benteng ampuh dari setan.

Padahal setan gemar melekat pada apapun yang mungkin mereka tempel. Inilah mengapa anak kecil mengapa anak-anak kita harus kita jaga pada waktu menjelang malam.

Dan diwaktu-waktu itulah, sejak menjelang petang, hingga munculnya fajar, setan berkeliaran sebab itulah waktu favorit mereka.


Resource Berita : republika.co.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Mengapa Anak-Anak tak Boleh Keluar Petang? Ini Alasannya"

Post a Comment

close
Banner iklan disini