Yenny Wahid Cerita tentang Gus Dur, Ini Kelakar Obama


WartaIslami ~ Direktur Eksekutif The Wahid Foundation Yenny Wahid berkesempatan untuk saling tukar cerita ketika Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama menyambangi Indonesia untuk ke sekian kalinya.

Kesempatan tersebut terjadi ketika Obama hadir untuk berpidato dalam acara Kongres Diaspora Indonesia, Sabtu (1/7/2017) di The Hall Kasablanka Jakarta.

Putri kedua Presiden ke-4 RI KH Abdurrahaman Wahid (Gus Dur) tersebut menyampaikan kepada Obama terkait kondisi daerah Menteng, Jakarta Pusat yang juga pernah menjadi kediaman Obama saat usia SD.

“Saya cerita ke Obama bahwa daerah Matraman-Menteng Dalam sudah menghasilkan dua Presiden, Presiden Obama dan Presiden Gus Dur. Dua-duanya di masa kecil pernah tinggal di sana,” ujar Yenny Wahid saat dikonfirmasi NU Online, Ahad (2/7).

“Lalu Obama menjawab sambil berkelakar: jangan-jangan itu karena faktor airnya,” kata Yenny menirukan Obama.

Obama mengira, ‘berkah’ Gus Dur menjadi Presiden RI menular kepadanya karena air yang diminum sama-sama berasal dari daerah yang mereka tempati ketika kecil, Menteng. Gus Dur terpilih menjadi Presiden RI tahun 1999, sedangkan Obama pertama kali terpilih mempimpin AS pada 2008 hingga dua periode pada 2016.

Seperti diketahui, Gus Dur dan Obama ketika kecil tinggal di satu kawasan yang sama, Menteng dekat daerah Matraman. Jika rumah Gus Dur bercokol di nomor 8, Obama menempati rumah nomor 20.

Selain itu, kedua Presiden ini dibuatkan patung masa kecilnya dan dua-duanya dipajang di kawasan tersebut. Obama di bekas SD-nya dan Gus Dur dipajang di Taman Amir Hamzah, depan rumah masa kecilnya dulu.

Pemrakarsa patung yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak Indonesia tersebut adalah Yayasan Komodo Indonesia yang anggotanya banyak berasal dari Amerika.

Jika masyarakat Indonesia berduyun-duyun pulang kampung jelang lebaran, Obama justru ‘mudik’ ke Indonesia. Dia mendarat pada Jumat (23/6/2017) di Bali.

Setelah mengunjungi beberapa objek wisata di Bali, dia beserta keluarga mendarat di Yogyakarta, lalu ke Jakarta dan bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Terakhir, Obama memberikan pidato dalam Kongres Diaspora Indonesia. Pidato Obama tentang nasionalisme, toleransi, dan respect mendapat sorotan media internasional. (Fathoni)


Resource Berita :nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Yenny Wahid Cerita tentang Gus Dur, Ini Kelakar Obama"

Post a Comment

close
Banner iklan disini