Demi Dakwah di Medsos, Pemuda-pemuda Ini Datang ke PBNU



WartaIslami ~ Lembaga Dakwah PBNU menggelar workshop Dai Cyber Media pada Sabtu dan Ahad (5-6/8). Acara yang berlangsung di gedung PBNU ini, dihadiri para pemuda NU yang berkecimpung di bidang internet marketing (IM).

Awalnya mereka para pemuda itu tidak saling mengenal. Mereka hanya berteman di media sosial Facebook. Karena merasa memiliki latar belakang yang sama, yakni sebagai santri dan internet marketer, akhirnya memutuskan untuk kopdar (kopi darat) sekaligus membuat workshop bekerja sama dengan LD PBNU.

Menurut Ketua Panitia Workshop, M. Imaduddin, para pemuda itu datang dari berbagai wilayah di Indonesia atas inisiatif sendiri.

"Mereka datang dari seluruh Indonesia, ada yang dari Pontianak, Makassar, Palembang, dan berangkat atas inisiatif sendiri atau ongkos pribadi," kata Wakil Sekretaris LD-PBNU itu.

Baldanur Baharuddin dan M. Yudha Eka Prastya adalah peserta yang datang dari luar Jawa. Jarak jauh tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk bergabung dengan 60an pemuda Nahdliyin lain pada workshop tersebut.

Menurut Baldan, motivasi yang membuat ia rela datang dari Makassar adalah karena merasa sudah muak dengan konten-konten provokatif di sosial media yang cenderung menyerang NU.

"Saya kira semua teman-teman sama. Dilatarbelakangi oleh kepedulian. Mereka sudah muak dengan berbagai macam konten provokatif di sosmed yang cenderung menyerang NU. Kebetulan teman-teman yang tergabung dalam IMNU ini kan mantan-mantan santri semua," kata pria 31 tahun itu.

Senada dengan hal itu, Yudha (24) yang berasal dari Pontianak mengaku bahwa rasa cinta pada NU-lah yang mendorong ia untuk datang ke acara workshop tersebut.

"Motivasi utama saya adalah kecintaan pada NU. Sekarang banyak media-media yang menyerang NU. Jadi perkumpulan kita kan internet marketing, jadi, ya dibutuhkanlah. Kalau bukan kita, orang NU sendiri nggak kumpul, ya, siapa lagi?" ujarnya.

Baldan juga mengatakan bahwa ia merasa terpanggil untuk berjuang dalam akidah Ahlussunnah wal Jama’ah.

"Jadi, sebenarnya bukan cuma NU saja. Artinya kita berjuang untuk akidah Ahlussunah wal Jama’ah. Tapi karena NU adalah wadah bagi kaum Aswaja, jadi ya saya di sini."

Dengan latar belakang sebagai internet marketer, Yudha dan Baldan berharap dapat berkontribusi dalam dakwah di sosial media.

"Dari interet marketing, terutamanya bisa untuk optimasi sosial media. Jadi selama ini kita menggunakan sosial media selain dipakai cari duit, ya, untuk membantu dakwah," kata Baldan.

Harapan Baldan dan Yudha pada para pemuda Nahdliyin adalah supaya sadar bahwa masyarakat sekarang kebanyakan 'berkumpul' di internet dan menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah. Selain itu, jangan hanya menjadi silent reader, tapi sudah saatnya bersuara sebagai tindakan nyata. (Alika Rukhan/Abdullah Alawi)


Resource Berita : nu.or.id
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Demi Dakwah di Medsos, Pemuda-pemuda Ini Datang ke PBNU"

  1. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    ONLY ON BOLAVADA
    Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
    BBM : D89CC515
    No. HP : 0812-8836-2917
    +6281297272374
    081288362917
    LINE : Bolavada
    Terima Kasih
    Bonus 10% All Games Bolavada
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
    BBM : D89CC515

    ReplyDelete
  2. Dewasabungayam
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Referral 10%
    di TAMBAH BONUS 100rb Di bulan AGUSTUS !
    Daftar dan Ambil BONUS nya
    Dengan Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional, 24jam
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini