Ini Pesan Syekh Abdul Qadir Untuk Calon Suami dan Para Suami



WartaIslami ~ Yang perlu diingat baik-baik oleh seorang suami adalah bahwa seorang istri itu amanah baginya. Dari sini kemudian segala hal yang berkaitan dengan istri merupakan tanggung jawab suami, termasuk pendidikan akhlaknya.

Seorang suami bertanggung jawab untuk mendidik istrinya, mengajarkan masalah agama, mengingatkannya untuk patuh kepada UU yang berlaku, dan memperhalus pekertinya. Seorang suami juga dituntut untuk bersabar dalam mendidik istri. Suami juga dituntut untuk tidak membalas dan tidak menyakiti istrinya. Gampangnya, seorang suami harus menunjukkan akhlak terpuji dalam mengarungi keseharian rumah tangganya.

Untuk itu, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani berpesan kepada calon suami dan para suami untuk memperlakukan istri secara terhormat. Hal ini disinggung Syekh Abdul Qadir dalam Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqqi Azza wa Jalla berikut ini.

ولا ينبغي أن يتزوج سليطة اللسان ولا مختلعة ولا متواشمة. فإذا تزوج فليحسن خلقه معها ولا يؤذيها ولا يكرهها على مهرها فتختلع منه، ولا يشتم لها أبا ولا أما، فإن فعل ذلك كان الله  ورسوله بريئين منه قال النبي صلى الله عليه وسلم: استوصوا بالنساء خيرا فإنهن عوانٍ عندكم. يعني أُسَرَاء

Artinya, “Seorang pria seyogianya tidak memperistri perempuan yang bermulut lancang (bicara tajam), perempuan yang berbuat semaunya, atau perempuan yang suka menjatuhkan harga diri orang lain. Kalau pun terlanjur mengawini perempuan seperti ini, maka suami harus tetap menjaga akhlak terhadapnya; tidak menyakitinya; tidak menggunakan paksa harta misalnya–maharnya sehingga sebagai respon balik ia berbuat semaunya; dan tidak menghina kedua orang tuanya. Kalau semua pantangan itu dilakukan, maka (rahmat dan bantuan) Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari sang suami.

Rasulullah SAW bersabda, ‘Ingatlah wasiatku ini! Berbuat baiklah terhadap istri kamu sekalian karena mereka adalah seolah tawanan kamu,’ yakni rampasan (yang diambil dari kedua orang tua mereka),” (Lihat Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Al-Ghuniyah li Thalibi Thariqil Haqqi Azza wa Jalla, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah, tahun 1997 M/1417 H, juz I, halaman 103).

Pesan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani di atas sangat jelas bahwa seorang istri mendapat tempat terhormat. Sambil terus mendidik secara perlahan, seorang suami dituntut untuk memperlihatkan akhlak terpuji terhadap istrinya, apapun kondisinya. Istri adalah amanah di mana suami itu mempersuntingnya dari pengasuhan tangan kedua orang tuanya dengan nama Allah SWT. Wallahu a ‘lam. (Alhafiz K)


Resource Berita : nu.or.id
3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Ini Pesan Syekh Abdul Qadir Untuk Calon Suami dan Para Suami"

  1. Pastikan hanya memilih agen yang terbukti membayar kemenangan anda, hanya disini bersama kami di F*I*F*A*P*O*K*E*R pastikan pilihan agen poker hanya yang membayar ya !! pin BBM kami : 7-B-3-1-3-0-B-F Silahkan dicoba ya bos :)

    ReplyDelete
  2. Yuk untuk kalian yang mempunyai jiwa bermain poker dan ingin mendapatkan tambahan sampingan
    Langsung aja yuk daftarkan diri anda dengan mengklik link Disini
    Banyak banget loh promo dan fitur fitur terbaru yang kami siapkan demi kenyamanan member kami
    Dengan Proses Deposit dan WD tercepat terpercaya menjadikan kami sebagai Agen POKERAYAM Terbesar di Indonesia
    Kami memberikan promo menarik loh selama Bulan Agustus Freechip 10% demi menyambut kemerdekaan HUT RI ke-72
    Refferal 15% Seumur Hidup Kalian so ajak teman kalian sebanyak-banyaknya untuk bermain
    Keberuntungan berlimpah bermain di pokerayam(titik)com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Promo Setiap Hari nya hanya Di bolavada.com di jamin pasti anda puas dengan promo yang kami berikan BBM : D89CC515 Whatsapp : 0812-8836-2917

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini