Islam Memandang Hukuman Mati



WartaIslami ~ Di dunia Islam sendiri, hukuman mati sudah dipraktikkan sejak lama. Alquran mengatur hukuman mati, terutama untuk kasus kejahatan pembunuhan. Dalam kamus hukum Islam, pidana semacam ini dikenal dengan istilah qisas.

Meski demikian, pengampunan dan rasa kasih sayang dari keluarga korban pembunuhan lebih dianjurkan oleh Islam daripada tetap menuntut eksekusi mati terhadap si pelaku. Ketika keluarga korban memberikan maafnya, si pembunuh diwajibkan membayar kompensasi finansial yang disebut diyat kepada keluarga korban. Hal ini seperti diatur dalam surah al-Baqarah (2) ayat 178.

Selain pembunuhan, ada beberapa kejahatan lain yang juga dapat diancam dengan pidana mati di dalam hukum Islam. Kejahatan-kejahatan tersebut dikategorikan sebagai fasad fil ardh (melakukan kerusakan di muka bumi). Ada beragam interpretasi mengenai perbuatan semacam ini.

“Namun, fasad fil ardh pada umumnya ditafsirkan sebagai segala kejahatan berat yang dapat menggoyahkan tatanan sosial serta memengaruhi masyarakat secara keseluruhan,” tutur mualaf asal Amerika yang juga pakar Islam, Christine Huda Dodge, dalam karyanya, The Everything Understanding Islam Book.

Sejumlah kejahatan yang masuk dalam kategori di atas, di antaranya pengkhianatan atau murtad untuk kemudian bergabung dengan musuh Islam dan memerangi kaum Muslimin dalam pertempuran, terorisme, pembajakan di darat, laut, atau udara, pemerkosaan, berbuat zina, serta perilaku homoseksual.

Menurut Huda, metode eksekusi mati dalam dunia Islam pun cukup bervariasi. Di beberapa negara Muslim, ada yang menerapkan pemenggalan (hukum pancung), gantung, rajam, dan eksekusi dengan menggunakan regu tembak. Eksekusi diadakan secara terbuka untuk melayani sebagai peringatan untuk calon penjahat.

Penting untuk dicatat pula, kata dia, tidak ada pembenaran aksi main hakim sendiri di dalam Islam. Setiap hukuman terhadap setiap pelaku kejahatan haruslah diputuskan melalui proses peradilan. Beratnya hukuman pun harus mempertimbangkan standar-standar bukti yang sangat ketat sebelum vonis dijatuhkan. “Pengadilan juga memiliki fleksibilitas untuk menjatuhkan vonis yang lebih rendah dari hukuman paling berat, seperti pidana denda atau penjara. Pidana mati menjadi opsi paling akhir,” katanya.

Pada masa para Khalifah Rasyidun, Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq pernah menghukum mati perempuan Muslimah yang murtad. “Hal ini diketahui oleh para sahabat Nabi SAW dan tidak ada seorang pun yang mengingkarinya sehingga dalam hal ini telah terwujud ijmak sahabat sebagai sumber hukum ketiga setelah Alquran dan hadis,” ujar Ustaz Muhammad Shiddiq al-Jawi menjelaskan.

Pada masa Bani Umayyah, pemberian hukuman mati merupakan hak khalifah selaku wakil Allah yang bertanggung jawab dalam urusan kemanusiaan. Vonis mati kala itu umumnya dijatuhkan kepada para pelaku kejahatan berat yang menyebabkan hilangnya nyawa atau harta orang lain, dalam hal ini termasuk juga perampokan (hiraba) dan pemberontakan (baghy).

“Di samping itu, mereka yang melanggar sumpah setia kepada khalifah juga diancam dengan hukuman mati. Ini disebabkan khalifah memiliki kedudukan sebagai wakil Allah sehingga mereka yang mengkhianati khalifah juga dianggap mengkhianati Allah,” ungkap pengamat Islam dan Timur Tengah dari Universitas Edinburgh Skotlandia, Andrew Marsham, lewat salah satu tulisannya yang dimuat dalam “Journal of Arabic and Islamic Studies 11” (2011).

Pada periode Abbasiyah, hukuman mati biasanya dilakukan dengan metode pancung (pemenggalan kepala). Sebelum dieksekusi, terpidana terlebih dulu disuruh membungkuk ke depan, baik dalam kondisi berdiri maupun berlutut. Kemudian, eksekutor (algojo) menebas bagian belakang leher terpidana mati dengan pedang.

“Eksekusi pancung ini sering ditampilkan di depan umum semasa Dinasti Abbasiyah,” tulis pakar Arab asal Inggris, Hugh Kennedy, dalam buku, When Baghdad Ruled the Muslim World: The Rise and Fall of Islam's Greatest Dynasty.

Khalifah al-Mu'tadid billah yang memerintah Abbasiyah sejak 892-902 M dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat keras dalam menegakkan hukuman mati.

Para pelaku kejahatan, seperti zina, homoseksual, dan kemurtadan, biasanya bakal dieksekusi mati di depan publik. “Sementara untuk kejahatan seperti pembunuhan, keluarga korban bisa menuntut si pelaku untuk dihukum mati atau memaafkannya melalui diyat,” tutur Mohamed El-Awa dalam Punishment in Islamic Law.

Sementara pada era Kesultanan Ottoman, Sultan Mahmud II (yang memerintah sejak 1808-1839) menghukum mati para bekas pimpinan Yanisari atas pemberontakan yang mereka lakukan sehingga menyebabkan kekacauan di lingkungan istana. Ketika itu, ada ribuan mantan tentara Yanisari yang dieksekusi.


Resource Berita : republika.co.id
4 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to "Islam Memandang Hukuman Mati"

  1. Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 10% Cuma ada di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Referral 7%
    dewasabungayam
    cf88indo
    SBOBET
    MAXBET
    Dengan Pelayanan Terbaik, Support Semua Bank Indonesia
    BONUS 100rb Di bulan AGUSTUS !
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  2. Yuk untuk kalian yang mempunyai jiwa bermain poker dan ingin mendapatkan tambahan sampingan
    Langsung aja yuk daftarkan diri anda dengan mengklik link Disini
    Banyak banget loh promo dan fitur fitur terbaru yang kami siapkan demi kenyamanan member kami
    Dengan Proses Deposit dan WD tercepat terpercaya menjadikan kami sebagai Agen POKERAYAM Terbesar di Indonesia
    Kami memberikan promo menarik loh selama Bulan Agustus Freechip 10% demi menyambut kemerdekaan HUT RI ke-72
    Refferal 15% Seumur Hidup Kalian so ajak teman kalian sebanyak-banyaknya untuk bermain
    Keberuntungan berlimpah bermain di pokerayam(titik)com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  3. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    ONLY ON BOLAVADA
    Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
    BBM : D89CC515
    No. HP : 0812-8836-2917
    +6281297272374
    081288362917
    LINE : Bolavada
    Terima Kasih
    Bonus 10% All Games Bolavada
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
    BBM : D89CC515

    ReplyDelete
  4. Lagi ada Bagi Bagi FREECHIP 2X BONUS Hingga 200 RIBU Loh :) ayo Kumpulkan uang dengan bermain di FIFAPOKER gabung sekarang juga di FIFAPOKER pin BBM kami : 7-B-3-1-3-0-B-F

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini