Menjadi Muslim Ideal



WartaIslami ~ Bukannya Allah SWT tak sayang dengan orang beriman yang miskin, tetapi Allah SWT lebih sayang dengan orang beriman lagi kaya. Demikian juga di bidang-bidang lainnya, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan seterusnya.

Para sahabat Nabi SAW adalah orang-orang yang memegang tampuk perekonomian di masanya. Lihat pula para ulama di masa tabiin dan tabi' tabiin. Mereka para ulama yang menguasai disiplin ilmu di bidang lain.

Ibnu Sina', di samping menjadi ulama, ia juga pakar di bidang kedokteran. Al Batani, di samping menjadi seorang ulama, ia seorang astronom dan matematikawan. Masih banyak lagi contoh lainnya.

Begitulah seharusnya seorang Muslim yang ideal. Di samping kuat imannya, ia juga kuat di bidang-bidang yang lain. Ia tak ketinggalan menggeluti bidang-bidang keduniawian, bahkan lebih hebat dibanding yang lain.

Menjadi seorang Muslim tak hanya baik dalam hubungan vertikal dengan Allah SWT. Seorang Muslim juga tampil dan menjadi orang terdepan dalam hubungan horizontal antarsesama manusia.

Mengapa orang Islam harus kuat dari berbagai sisi? Karena ajaran Islam menyentuh semua sisi-sisi kehidupan manusia. Jika ia lemah, ia tak akan bisa melaksanakan ajaran Islam secara sempurna dalam seluruh sisi kehidupannya.

Misalnya saja, menegakkan nahi mungkar (mencegah kemungkaran) yang nyata tampak di depan matanya. Ia tak akan sanggup berbuat apa-apa jika posisinya lebih lemah dari objek yang akan dicegahnya.

Orang yang tak punya kekuatan untuk mencegah kemungkaran di depan matanya, diistilahkan Nabi SAW dengan orang yang punya keimanan terendah. Sabda Nabi SAW, “Jika engkau melihat kemungkaran, cegahlah dengan tangan (kekuasaan) mu. Jika engkau tak sanggup, cegahlah dengan lisanmu. Jika engkat tak sanggup, maka ingkarilah dengan hati. Itulah selemah-selamah iman. (HR Muslim).

Menjadi sesuatu yang bernilai ibadah bagi seorang Muslim, jika ia berolahraga untuk melatih kekuatan fisiknya. Demikian juga bekerja sungguh-sungguh untuk menguatkan finansialnya.

Demikian juga bidang-bidang lainnya, seperti sosial, budaya, politik, kesenian, dan seterusnya. Mereka yang bersungguh-sungguh di bidangnya adalah bentuk penguatan diri demi mendapat kecintaan Allah SWT yang lebih.



Resource Berita : republika.co.id
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Menjadi Muslim Ideal"

  1. Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    ONLY ON BOLAVADA
    Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
    BBM : D89CC515
    No. HP : 0812-8836-2917
    +6281297272374
    081288362917
    LINE : Bolavada
    Terima Kasih
    Bonus 10% All Games Bolavada
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
    BBM : D89CC515

    ReplyDelete
  2. Nikmati Sekarang juga Permainan Sabung Kebanggaan Anda Selalu Bersama Kami..
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami
    Hanya Dengan Modal 50rb saja
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Referral hingga 7%
    BolaVita. net / sabungayam.top / dewasabungayam. com
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)
    Gabung Bersama kami : Bolavita. net

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini