Santri Gus Mus Tolak Full Day School dengan Full Day Sarungan



WartaIslami ~ Santri dari Pondok Pesantren Raudlatut Tholibien Leteh, Rembang menyampaikan pesan menolak Full Day School (FDS) yang diberlakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. Mereka menyampaikan hal itu saat menjadi peserta karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang digelar Pemerintah Kabupaten Rembang pada Ahad pagi (20/8).

Ratusan santri pondok pesantren yang diasuh Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) itu berjalan kaki dan mengkapanyekan full day sarungan, sebagai dukungan keberlangsungan aktivitas pesantren.

Menurut koordinator santri Leteh, Muhammad Ali Musthofa, keikutsertaan santri pada karnaval itu, sebagai salah satu wujud nyata jiwa patriotisme yang ditanamkan di dalam pondok pesantren.

"Semua itu untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-72, sebagaimana yang diajarkan di dalam pondok pesantren," jelas Ali.

Sementara, soal full day sarungan, menurut dia, sebagai aspirasi para santri untuk menolak Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 yang mengatur tentang jam belajar siswa sekolah, yaitu 8 jam setiap hari. Kebijakan itu dinilaiancaman keberlangsungan pembelajaran sekolah nonformal, seperti madrasah dan pesantren.

Menurut Ali, pondok pesantren mempunyai andil tak kalah penting dalam pembentukan karakter generasi bangsa. Jika kebijakan tersebut diterapkan di Indonesia, akan sangat merugikan generasi muda.

Para santri Gus Mus itu juga menampilkan drama kolosal singkat dengan mengusung tema “Perjuangan Pahlawan dalam Merebut Kemerdekaan” yang dipertontonkan di hadapan para pejabat daerah.

Sayangnya, hal itu urung dilakukan, karena tidak diberikan kesempatan oleh anggota polisi yang kebetulan berada di area depan panggung kehormatan para pejabat. Santri pun merasa kecewa, karena tidak diberikan waktu seperti para peserta yang lain.

"Bagaimana ya, kalau kecewa sih kecewa, cuma yang bagaimana lagi, inilah nasib santri," kata salah satu santri yang menjadi bagian kolosal. (Ahmad Asmui/Abdullah Alawi )


Resource Berita : nu.or.id
6 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

6 Responses to "Santri Gus Mus Tolak Full Day School dengan Full Day Sarungan"

  1. Yuk untuk kalian yang mempunyai jiwa bermain poker dan ingin mendapatkan tambahan sampingan
    Langsung aja yuk daftarkan diri anda dengan mengklik link Disini
    Banyak banget loh promo dan fitur fitur terbaru yang kami siapkan demi kenyamanan member kami
    Dengan Proses Deposit dan WD tercepat terpercaya menjadikan kami sebagai Agen POKERAYAM Terbesar di Indonesia
    Kami memberikan promo menarik loh selama Bulan Agustus Freechip 10% demi menyambut kemerdekaan HUT RI ke-72
    Refferal 15% Seumur Hidup Kalian so ajak teman kalian sebanyak-banyaknya untuk bermain
    Keberuntungan berlimpah bermain di pokerayam(titik)com
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Promo Setiap Hari nya hanya Di bolavada.com di jamin pasti anda puas dengan promo yang kami berikan BBM : D89CC515 Whatsapp : 0812-8836-2917

    ReplyDelete
  3. Dapatkan Promo Setiap Hari nya hanya Di bolavada.com di jamin pasti anda puas dengan promo yang kami berikan BBM : D89CC515 Whatsapp : 0812-8836-2917

    ReplyDelete
  4. Anda Hobi Bermain Poker Online?
    Tentukan Pilihan Anda sekarang juga bersama kami di POKERVITA
    Khusus Anda Pecinta Kartu Judi Poker Online Ayo Dapatkan Bonus Cashback 0.5%

    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    POKER TERBAIK
    POKER TERNYAMAN
    POKER TERBAIK
    TRAILER FILM

    sm558poker.co
    Contact Us Person :
    ? WA: 082312256064
    ? BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  5. Freebet Gratis melalui Agen Capsa Chechnya republic Situs www.pokerusia.us Melalui BPD Sulawesi Tengah Kode Bank 135.

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini