Agar Terhindar dari Fitnah Lisan



WartaIslami ~ Di tengah kondisi sosial masyarakat yang terpuruk, keberadaan ulama bak pelita yang memendarkan cahaya. Mereka hadir menawarkan solusi dan obat bagi 'penyakit' yang mengendap. Hal ini pula yang dilakukan oleh para salaf, salah satunya Ibnu Abi ad-Dunya.

Tokoh bernama lengkap Abu Bakar Abdullah bin Muhammad bin Ubaid Ibnu Abi ad-Dunya ini dikenal sebagai guru sekaligus pendidik yang mempertahankan etika-etika mulia. Sosok kelahiran Baghdad pada 210 H itu hidup pada masa Pemerintahan Dinasti Abbasiyah yang cukup heterogen, utamanya dalam hal ideologi pemikiran.

Kala itu, sekte-sekte keagamaan muncul dan berkembang dengan subur. Dinamika pemikiran berkembang pesat. Bahkan, nyaris kebablasan. Ada sekte Muktazilah, Qaramithah, Ismai'iliyyah, dan aliran-aliran keagamaan lainnya. Dimensi ketuhanan yang kerap disentuh, antara lain, soal eksistensi agama, Tuhan, dan konsep kenabian.

Pro dan kontra antarkelompok pun bermunculan. Di titik tertentu bahkan sampai pada kesimpulan saling mengafirkan. Kondisi ini, dinilai Ibnu Abi ad-Dunya, sangat memprihatinkan. Menurut penulis karya monumental berjudul Makarim al-Akhlak ini diperlukan solusi agar komunitas awam tak terjebak dalam diskursus dan polemik tersebut. Maka, sosok yang dikenal produktif menulis ini mengarang sebuah kitab berisikan etika-etika Islami.

Ia berharap, melalui karyanya itu tercipta kondisi dan tabiat umat yang saleh serta berpegang teguh pada prinsip-prinsip keislaman yang lurus. Dengan demikian, mereka tidak mudah terjebak dengan perselisihan pendapat yang tak berujung. Kitab yang terdiri atas 25 bab itu ia beri judul as-Shumtu wa Adab al-Lisan. Referensinya merujuk pada Alquran dan hadis serta kisah-kisah yang dinukil dari para sahabat.


Resource Berita : republika.co.id
1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "Agar Terhindar dari Fitnah Lisan"

  1. HADIR PERMAINAN BARU BALAP ANJ1NG dan PACUAN KUDA !!
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Seumur Hidup
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini