Akhirnya, Raja Saudi Keluarkan Dekrit Perempuan Boleh Menyetir



WartaIslami ~ Raja Salam bin Abdul Aziz mengeluarkan dektrit langka selama pemerintahan Arab Saudi dengan memperbolehkan perempuan menyetir. Keputusan tersebut secara resmi berlaku pada Juni 2018.

Dalam Al Arabiya dijelaskan, Selasa (26/9), pihak kerajaan telah memerintahkan pembentukan sebuah komite tingkat tinggi yang melibatkan kementerian urusan internal, keuangan, perburuhan dan pembangunan sosial.

Beberapa kementerian itu menerima tugas untuk mempelajari peraturan baru ini dalam jangka 30 hari, dan memastikan pelaksanaan instruksi tersebut pada Juni tahun depan.

Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi Awad bin Saleh Al-Awad menilai, izin menyetir mobil bagi wanita merupakan keputusan bersejarah yang selaras dengan visi yang menghendaki kaum perempuan mendapat posisi yang tepat dan terlibat dalam pembangunan.

"Keputusan tersebut menegaskan tentang berlangsungnya proses reformasi dan pembangunan di Arab Saudi di mana perempuan merupakan bagian utama," ujarnya sebagaimana dikutip kantor berita Saudi Press Agency.

Menurut Ghada Ghunaim, penulis dan wartawan Saudi, reformasi peraturan ini berdampak besar pada perkembangan ekonomi Arab Saudi. "Kita harus ingat bahwa kerajaan kita menghasilkan lebih banyak lulusan perempuan ketimbang laki-laki," katanya kepada Al Arabiya. (Red: Mahbib)



Resource Berita : nu.or.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Akhirnya, Raja Saudi Keluarkan Dekrit Perempuan Boleh Menyetir"

Post a Comment

close
Banner iklan disini