Ciri Khas Istana Dinasti-Dinasti Islam



WartaIslami ~ Istana identik dengan kemegahan, raja, kekuasaan, dan kerajaan. Umumnya Istana adalah sebuah bangunan besar atau mewah yang biasanya didiami oleh keluarga kerajaan, keluarga kepala negara atau petinggi lainnya.

Kata istana kadang-kadang juga dipakai untuk merujuk kepada gedung besar yang merupakan pusat suatu lembaga.
Dalam Islam sendiri Istana sebagai ekspresi kekuasaan kerajaan.

Sejak peradaban Islam, Istana sudah banyak dibangun. Dalam buku Ensiklopedia Dunia Islam Pemikiran dan Peradaban dijelaskan, bahwa dalam sejarah arsitektur Islam, khalifah-kfalifah Umayyah adalah yang pertama membangun Istana di dunia Islam.

Istana-istana mereka disebut sebagai Istana Padang Pasir yang terletak di pedalaman Suriah, Palestina, dan Trans-Yordania. Istana tersebut awalnya adalah sebuah benteng-benteng bekas Romawi dan Bizantium yang menjaga perbatasan bagian Timur.

Arsitektur Istana-Istana Islam memiliki ciri atau khasnya sendiri, berikut beberapa Istana Islam:

1. Istana-Istana Umayyah yang terdapat di Damaskus dan Rusafah terkenal dengan kubah hijaunya.

2. Di Baghdad dan Merv bangunan Istananya terdapat sebuah kupola (kubah kecil) di atas singgahsana yang megah, dan kamar berkubah tersebut didahului oleh sebuah ruang panjang dan halaman tempat berkumpul para tamu.

3. Istana di Samarra, di Madinah az-Zaura dekat Cordoba, dan Fatimah di Cairo memiliki kumpulan unit-unit terpisah, yang terdiri dari ruang yang fungsional dan spesifik, seperti kamar mandi, tempat tinggal, aula, taman, dan area luas tanpa fungsi. Pada abad ke-3 H/ke-9 M Istana di Samarra memiliki poros-poros komposisional pada bangunan utama, yang menyerupai sebuah tatanan seremonial dari kejauhan yang seakan-akan bergerak maju ke depan.

4. Istana Alhambra, dan Lasykari Bazaar sebuah istana kecil atau kastel. Keduanaya dibangun dengan dekorasi interior yang cemerlang tanpa imbangan dekorasi eksterior, fungsi-fungsi berbagai aula dan halamannya  kurang jelas. Kedua Istana tersebut lebih menonjolkan melalui interiornya, bukan melalui eksteriornya. Kemegahan dan keindahan Istana tersebut tersembunyi pada bagian-bagian interiornya. Identitasnya terlihat pada fungsinya, bukan pada bentuknya.

5. Istana Cehil dan Hasyt Bihisyt di Isfahan yang dibangun pada abad ke-11 H/ke-17 M. Istana tersebut memiliki pavilion pavilion tanaman yang digunakan untuk untuk yyujuan-tujuan resmi maupun pribadi.

6. Istana Topkapi di Istanbul, dikelilingi oleh tembok-tembok tinggi, yang memiliki satu pintu gerbang formal utama, yang berdiri kokoh di sebuah bukit di atas Bosporus. Terdapat sejumlah paviliun, tempat tinggal resmi dan pribadi, ruang resepsi, perbendaharaan, dan bagian-bagian praktis seperti dapur.

Implikasinya, pada hampir semua Istana adalah sebagai monument kekuasaan resmi terletak  bukan pada ciri-ciri arsitekturalnya, tetapi lebih pada kehadirannya sebgai tempat yang dikelilingi tembok-tembok besar yang memisahkan dua dunia.


Resource Berita : republika.co.id
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Ciri Khas Istana Dinasti-Dinasti Islam"

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  2. Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita.
    Hanya Dengan Modal 50rb saja
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)
    Gabung Bersama kami : Bolavita. net

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini