Daftar CPNS Aja Susah, Apalagi Tesnya: Naudzubillah!



WartaIslami ~ Seorang sahabat, dosen muda yang SK-nya belum turun, sering datang ke rumah kontrakan saya. Diskusi tentang dunia pendidikan, politik, budaya, agama, perdukunan, perwalian, dll. Tentu sambil ngopi dan ngudud. Dia memberikan informasi lowongan CPNS di Kemdikbud agar saya coba-coba mendaftar.

Saya iseng diskusikan itu pada istri. “Gak apa-apa dicoba mas, buat pengalaman,” katanya. Sebelum jadi istri saya, waktu masih fresh graduate, dia pernah sekali ikut tes CPNS, dan alhamdulillah gagal.
Beberapa hari saya abaikan informasi dari kawan tersebut. Sampai dia datang lagi, menanyakan perkembangan saya mendaftar.

Akhirnya file-file pdf, termasuk formasi dan panduan pendaftaran CPNS saya unduh. Saya print juga. Tapi ya tidak pernah saya baca detil. Eh lha kok saya sebarkan informasi itu ke teman lain, dan dia antusias. Melihat dia antusias, kok saya ikut ketularan antusias mendaftar.

Saya baru pertama daftar model online begini. Apalagi untuk CPNS. Mendaftar CPNS lewat online perlu stok kesabaran yang berlimpah. Setelah mendaftar dengan menuliskan No. KTP, no. KK, dapatlah username. Saya langsung pakai username dan pasword untuk login. Lho, kok tidak bisa? Akhirnya saya ganti pasword. Dan muncul pemberitahuan kira-kira username bisa untuk login 24 jam lagi. Hahahaha. 

Saya tidak tahu kenapa sistem maintenance atau apa, yang membuat pendaftaran harus dilakukan berhari-hari. Sang sahabat menyarankan untuk mendaftar pada dini hari, asumsinya pengunjung website cpns.kemdikbud.go.id sangat sedikit. Ya sudah saya ikuti.

Pada dini hari pertama, berhasil membuat akun. Malam kedua mendapat surat keterangan lagi. Setelah itu saya abaikan. Sahabat menanyakan lagi perkembangan pendaftaran CPNS, saya jawab belum online lagi. 

Pengalaman dengan imel, misalnya dengan gmail, setiap mengunggah dokumen atau foto akan terlihat proses pengunggahannya. Berapa persen yang telah diunggah, hingga nama file yang dilampirkan jadi biru. Setelah itu klik kirim. Beres.

Di tahap terakhir, saya berhasil mendapat nomor pendaftaran. Tertera jumlah pendaftar untuk formasi yang pilih, 3 ribu sekian. Padahal yang dibutuhkan hanya 1. Hahaha. Tinggal mengunggah foto, tertera peringatan maksimum foto 500 kb. Ya sudah saya kecilkan ukuran foto jadi 54 KB. Lha kok selama dua dini hari belum berhasil. Selalu tertera “Tidak ada file yang dipilih.” Coba lagi. Coba lagi. Hasilnya masih sama. Hahaha. Owalah yo yo!

Persoalan seperti ini sudah saya dengar beberapa tahun lalu. Alasan pengunjungnya banyak sehingga menjadi lemot dan situs down. Tapi ya masak sistem jaringan di kementerian tidak mengantisipasi sejak awal? Bukankah kabar seperti itu sudah jadi santapan ketika musim pendaftaran CPNS atau lowongan yang potensi pendaftarnya naudzubillah? 

Mengapa tidak belajar dari situs-situs jual beli online, ketika down, mereka meminta maaf pada pelanggan. Atau provider yang mengirim sms ke nomor pelanggan, permintaan maaf mungkin dalam beberapa jam jaringan akan terganggu karena sistem sedang diperbaiki misalnya.

Ah, mungkin karena situs jual beli online dan provider itu dapat pemasukan dari pelanggan, maka mereka menjaga betul kepercayaan pelanggan. Jika pelanggan sudah tidak nyaman membuka situsnya, akan kabur dan pindah ke lain hati. Yang akan diikuti dengan penurunan pemasukan perusahaan.

Saya jadi berpikir, baru mendaftar CPNS saja susah, apalagi tesnya. Pasti lebih susah lagi. Oleh karena itu banyak yang tidak diterima daripada yang diterima. Ya begitu.


Resource Berita : dutaislam.com
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Daftar CPNS Aja Susah, Apalagi Tesnya: Naudzubillah!"

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  2. 855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Seumur Hidup
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini