SUBHANALLAH ! Inilah 8 Keutamaan Surat Ar Rahman



WartaIslami ~ Keutamaan surat Ar Rahman – Surat Ar Rahman di kenal dengan nama Arus Al Quran, yang secara harfiyah memiliki arti pengantin Al Quran. Imam Baihaqi meriwayatkan kalau Nabi Muhammad bersabda :

“Segala suatu hal mempunyai pengantin, serta pengantinnya Al Quran yaitu Ar Rahman. ”, penamaan itu karna indahnya surah ini serta karna didalamnya ada demikian kali pengulangan ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban, yang dimisalkan dengan bermacam hiasan yang digunakan oleh pengantin.

Ar Rahman sendiri yaitu Nama Allah yang memiliki arti “Maha Pemberi nikmat dunia serta akhirat. ”. demikian Rahmannya Allah hingga Allah mengutamakan Ar Rahman dalam satu surat yang indah. Pengingat untuk manusia juga akan banyak nikmat Allah yang terlupa. Topik dalam surat ini yaitu uraian mengenai nikmat Allah yang berawal dari Nikmat paling besar yakni Al Quran. Thabathaba’i memiliki pendapat kalau surah ini memiliki kandungan isyarat mengenai ciptaan Allah dengan demikian banyak bagian-bagiannya di langit serta di Bumi, darat serta laut, manusia serta jin, dimana Allah mengatur seluruh itu dalam satu penyusunan yang berguna untuk manusia serta jin. Berguna juga untuk hidup mereka didunia serta akhirat.

Keutamaan surat Ar Rahman juga amat banyak. Berikut ini salah satunya :

1. Ar Rahman bisa bantu kita untuk perbanyak memberikan pujian pada Allah

Kata “Ar Rahman” sendiri sudah membantu kita memberikan pujian pada Allah dengan makna kalau Allah Maha Pemurah. Terlebih bila membaca Ar Rahman dengan sepenuh hati berserah diri pada Allah. Begitu banyak keutamaan yang juga akan kita bisa.

2. Mengingatkan kalau Allah mempunyai sifat Ar Rahman

Isi surat Ar Rahman yaitu penjabaran semua nikmat Allah yang amat banyak. Juga menerangkan kalau Allah Ar Rahman. Hingga mengingatkan kita untuk berbentuk kasih sayang juga pada Allah serta pada sesama makhluk. (baca : sifat-sifat Allah serta asmaul husna)

3. Mengingatkan kita untuk tidak mengkufuri nikmat

Keutamaan surat Ar Rahman menguraikan banyak nikmat. Salah satunya ayat ke 3 “telah membuat manusia”. bila kita membaca dengan sepenuh hati, kita tidak juga akan sekali lagi mengkufuri nikmat karna hidup kita yaitu karena Allah. Kita yaitu ciptaan Allah yang semua dalam kehidupan yaitu di beri olehNya.

4. Mengingatkan kalau ada makhluk lain selain manusia yang melaksanakan ibadah pada Allah

Yakni Jin yang juga memiliki nabi Muhammad jadi Rasul. Kalau ciptaan Allah tidak cuma terbatas pada suatu hal yang terlihat. Kerajaan Jin serta alam-alam yang tidak terlihat juga Allah lah yang membuat.

Jabir berkata : Nabi Muhammad keluar menjumpai beberapa sahabatnya, lantas beliau membacakan pada mereka surah Ar Rahman dari pertama sampai akhirsurah, serta mereka seluruh terdiam. Beliau berkata : “aku sudah membacakannya pada Jin saat malam berkumpulnya mereka, serta mereka meresponnya dengan jawaban yang tambah baik dibanding kalian seluruh. Ketika saya hingga pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban ( nikmat Tuhanmu yang manakah yang anda dustakan?) mereka berkata kami tidak mendustakan apa pun dari kesenangan yang Engkau beri, untuk Mu semua Puji. ” (H. R. Tirmidzi)

Dalam hadits ini Nabi Muhammad mengajarkan pada sahabatnya bagaimana langkahnya pikirkan serta merenungkan Al Quran ; saat mereka mendengar sebuah ayat didalamnya memiliki kandungan pertanyaan. Al Thibbi berkata diamnya teman dekat yang mendengar bacaan Nabi sama juga dengan jawaban yang baik. Pernyataan ini ditegaskan kembali oleh Ibnu Al Malik yang berkata diamnya mereka kedudukannya sama juga dengan pernyataan mereka kalau dari bangsa jin serta manusia ada yang mendustakan ayat-ayat Allah. Tetapi, dari bangsa jin menyangkal ada pendustaan mereka pada Allah.

5. Mengingatkan kalau manusia yaitu pelupa

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya yaitu mengingatkan kalau manusia itu pelupa. Pengulangan ayat “fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban” yaitu untuk mengingatkan kalau manusia yaitu pelupa. Ayat itu yaitu kalimat bertanya yang menuntut jawaban manusia yang mengingat saat membaca ayat itu.

6. Diridhoi oleh Allah atas nikmat apa sajakah yang didapatkan pada kita

Keutamaaan surat Ar Rahman dalam tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda : “barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah juga akan menyayangi kekurangannya serta meridhoi nikmat yang dikaruniakan padanya. ” Hadits itu makin memperkuat keutamaan surat Ar Rahman.

7. Matinya orang yang membaca Ar Rahman seperti Syahid

Dalam Tsawabul A’mal, diterangkan kalau Rasulullah sempat bersabda : “barang siapa membaca Ar Rahman, serta saat membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan lantas bila dia mengatakan : tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang saya dustakan, bila membacanya pada malam hari lantas mati, matinya seperti mati syahid, bila membacanya di siang hari lantas ia mati, matinya seperti mati syahid. ” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Hadits di atas sangat jelas sekali kalau Keutamaan surat Ar Rahman membuat pembacanya mati seolah syahid. Hasits itu juga mengingatkan kita untuk membaca Ar Rahman dalam dua saat, yakni siang serta malam.

8. Memperoleh Syafaat di hari kiamat

Keutamaan surat Ar Rahman yang terahir yaitu memperoleh syafaat di hari kiamat. Sesuai sabda Rasulullah : “jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam dengannya, surat ini tidak menentramkan hati beberapa orang munafik, anda juga akan menjumpai Tuhan dengannya (Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti bentuk manusia yang paling indah serta baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seseorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada ketika itu Allah berfirman : soapakah orang didunia yang seringkali bangun malam serta telaten membacamu? Dia menjawab : Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lantas muka mereka menjdi putih. Serta ia berkata pada mereka : berilah syafaat untuk beberapa orang yang menyukai kalian. Lantas ia berikan syafaat hingga yang paling akhir serta tidak ada seseorang juga yang ketinggalan dari beberapa orang yang memiliki hak terima syafaat mereka. Lalau ia berkata pada mereka : masuklah kalian ke surga, serta tinggallah didalamnya seperti yang kalian kehendaki. ”

Sekian keutamaan surat Ar Rahman serta banyak keutamaan yang juga akan kita peroleh bila membacanya siang dan malam. Wallahu A’lam.


Resource Berita : gemarakyat.id
1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "SUBHANALLAH ! Inilah 8 Keutamaan Surat Ar Rahman"

  1. Cari Agen Aman dan Terpercaya??
    Serta Pembayaran Terjamin Cepat dan Aman!!
    BBM : D8C363CA
    whats up : 6281377055002

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini