Belanja di Toko Ritel Modern, Bagaimanakah Hukumnya?



WartaIslami ~ Bagaimanakah hukum berbelanja di toko ritel modern menurut Islam? Topik menarik ini akan dibahas dalam kajian ekonomi Islam di Masjid Alumni IPB, Botani Square, Bogor, Jawa Barat, Senin (16/10) ba’da Maghrib.

Seperti biasa, kajian ekonomi Islam ini akan diisi oleh nara sumber tetap, yakni Ustaz Thuba Jazil bin Damanhuri. Ia adalah dosen Bisnis dan Manajemen STEI Tazkia dan peneliti senior CIBEST IPB Bogor.

Dalam informasi pendahuluan yang diberikan kepada Republika.co.id, Ustaz Thuba mengemukakan, jual beli merupakan transaksi yang lazim dilakukan oleh seorang muslim untuk memenuhi kebutuhan dengan cara yang halal. Allah berfirman secara tegas,  “dan Allah halalkan jual-beli dan mengharamkan riba.” (QS Al-Baqarah 275).

Pertukaran dengan cara yang sah dan halal tanpa unsur kezaliman inilah yang diambil oleh muslimprenuer. Dalam konstruksi akad bai’ (jual beli) lengkap sebagaimana akad itu terkonstruki  yakni, adanya Muta’aqidain (subjek akad), Shighah al-Aqd (bahasa akad) dan Mahallu al-Aqd (objek akad).

“Pada nature akad jual-beli harus lengkap dengan ketentuan ketiga konstruksi  beserta syaratnya. Akan tetapi di beberapa praktik jual-beli terdapat perbedaan dan ketidaksesuaiannya dengan basis nature-nya,” kata Thuba, Senin (16/10).

Shighah al-aqd  merupakan hal penting dalam transaksi jual-beli, akan tetapi melihat praktik dalam jual-beli kontemporer semisal di wholesale market, retail, maupun pasar swalayan,  kedua belah pihak tidak ada yang menyatakan shighah dalam bentuk verbal mauapun tulisan. Penjual hanya men-display barang dan memberikan price-tag sebagai informasi untuk pembeli. Di sisi lain, pembeli mengambil barang-barang yang dibutuhkan dan cocok sesuai keinginannya.

Penjual dan pembeli secara fisik tidak bertemu, melainkan hanya diwakilkan oleh petugas kasir. Pada saat sesi pembayaran pun tidak terjadi shighah yang jelas hanya di-screen dengan barkot barang dan muncullan harganya. Jual beli ini disebut dengan istilah jual-beli Mu’athoh atau Murawadhoh. “Pandangan imam madzhab pun berbeda dengan pijakan landasan yang berbeda,” tuturnya.

Kemudian, bentuk-bentuk akad jual-beli bedasarkan terbentuk harga dibagi dalam tiga kategori.  Pertama, jual-beli Musawamah,  yakni jual-beli yang tidak diketahui harga pokoknya dan keduanya saling menawar pada poin harga tertentu sehingga terjadi kesepakatan oleh keduanya.

Kedua,  jual-beli Amanah.  Di dalamnya terdapat jual-beli Murabahah, Tauliyah, Isyrok dan Wadh’iyyah. Ketiga,  Muzayadah (lelang) dan Munaqashah (tender).

Thuba menambahkan, selain yang telah disebutkan, ditimbang dari cara pembayaran jual-beli dikategorikan dalam dua bentuk. Pertama, jual-beli Tsaman ‘Ajil, jual beli yang ditangguhkan pembayarannya. Pihak pembeli diberikan kesempatan waktu atau kelonggaran sampai waktu yang ditentukan.

Bentuk kedua adalah jual-beli Taqshith (cicilan). Tidak semua bentuk cicilan adalah masuk dalam kategori riba, baik riba nasi’ah atau fadhl. Konstruksi jual beli taqshth berbeda dengan jual-beli dengan adanya unsur riba nasiah.

Ingin tahu kelengkapan keterangannya mengenai bermacam-macam transaksi jual beli, dan hukumnya menurut syariat Islam?  “Ikuti kajian Magrib ini di Masjid Alumni IPB,” kata Ketua DKM Masjid Alumni IPB Iman Hilman.


Resource Berita : republika.co.id
4 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to "Belanja di Toko Ritel Modern, Bagaimanakah Hukumnya?"

  1. Yuk bergabung bersama kami di www.fifapoker.com
    dengam minimal deposit hanya 10rb dan wd minimal 25rb kalian sudah bisa main banyak permainan :)
    dengan proses cepat serta pelayanan terbaik dari cs kami :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang :)

    Contact:
    BBM: DDE3FC42
    Whatsapp: 081326993756

    ReplyDelete
  2. Mainkan Sabung ayam bersama kami di website terpercaya kami
    Raih Kemenangan Anda Bersama Kami
    Hanya Dengan Modal 50rb saja
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Referral hingga 9%
    BolaVita. net / sabungayam.top / dewasabungayam. com
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)
    Gabung Bersama kami : Bolavita. net

    ReplyDelete
  3. Ayo bergabung bersama kami di www.fifapoker.com
    kalian bisa memainkan game ini di handphone kalian android maupun iphone
    dengan satu id kalian bisa memainkan 6 game sekaligus !! dengan minimal deposit hanya 10rb dan wd 25rb
    ditambah dengan pelayanan cepat dan ramah dari cs kami :)
    tunggu apa lagi join bersama kami sekarang juga :)

    Contact:
    BBM: DDE3FC42
    Whatsapp: 081326993756

    ReplyDelete
  4. Welcome The Gambler ,,
    Kami Memberi Info Untuk The Gambler Di Sini, Kami Mempunyai FREEBET & FREECHIP !!
    Dapatkan Freechip 100.000 Hanya di BOL-A-V-ITA Dengan Sesuai Syarat nya Untuk Member Baru ..
    Silakan Hubungi Kami Di
    HP: +6281377055002
    BBM: D8C363CA
    YM: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    WECHAT ID: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    Your Reliable Betting Agent..

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini