Hindari, 5 Orang Ini Tidak Layak Dijadikan Teman



WartaIslami ~ Memiliki teman atau sahabat sejati menjadi harapan setiap orang. Teman sangat dibutuhkan kaena tanpa teman perjalanan hidup tida sempurna. Terutama dalam menyampaikan kebenaran akan terasa sangat sulit.

Rasulullah sendiri memiliki sahabat yang selalu membantunya dalam menyebarkan agama hingga berkembang seperti sekarang ini.

Meskipun demikian, seorang muslim haruslah selektif dalam memilih teman. Selektif tidak berarti melihat teman dari harta ataupun jabatan. Melainkan berkaitan dengan tingkah laku supaya keberadaan teman semakin membawa kebaikan. Bukan sebaliknya, menjerusmuskan kita dalam keburukan.

Sayyidina Husein bin Ali berwasiat kepada anaknya bahwa ada 5 jenis manusia yang tidak boleh dijadikan sebagai seorang teman. Berikut 5 jenis manusia yang tidak layak dijadikan teman sesuai wasiat tersebut:

1. Jangan Berteman dengan Pembohong
Memiliki teman pembohong sama halnya berteman dengan fatamorgana. Dia akan menjauhkan teman-temanmu yang dekat. Dia akan melakukan beragam alasan supaya menutupi kebohongannya. 

2. Jangan Berteman Dengan Orang Fasiq
Teman yang memiliki sifat fasiq akan berani menjual nama kita dengan harga murah. Bahkan bisa mengorbankan orang lain demi keuntungannya sendiri.

3. Jangan Berteman dengan Orang Dungu
Berteman dengan orang dungu hanya akan merugikan diri sendiri. Niatnya memang ingin bisa bermanfaat, namun justru akhirnya malah jadi menyusahkan.

4. Jangan Berteman dengan Si Bakhil
Orang yang bakhil atau kikir tidak pantas dijadikan teman. Dia akan berani menjerumuskan kita dengan hartanya disaat kita membutuhkan. Dia tak pantas menjadi teman karena enggan mengulurkan tangan demi membantu kita sebagai temannya.

5. Jangan Berteman dengan Pemutus Silaturahmi
Ketahuilah bahwa berteman dengan orang yang memutus silaturahmi hanya akan menambah kesengsaraan. Dalam Al-Quran telah dijelaskan bahwa pemutus silaturahmi adalah orang-orang dilaknat.

“Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah..” (QS Muhammad 22-23)

“Dan orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah diikrarkannya dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itu memperoleh kutukan dan tempat kediaman yang buruk (jahannam).” (QS Ar Raad 25)

“(Yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang diperintah Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS Al Baqarah 27)

Sangat jelas bahwa berteman dengan orang-orang seperti itu hanya akan membuat kita sengsara baik di dunia maupun di akhirat. Ingatlah bahwa kepribadian kita terlihat dengan siapa kita berteman. Jadi hati-hatilah dan ingatkan pula keluarga ataupun sahabat kita jika terlupa dalam mencari teman yang benar.

Adakah diantara temanmu dengan sifat di atas?


Resource Berita : dutaislam.com
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Hindari, 5 Orang Ini Tidak Layak Dijadikan Teman"

  1. Dapatkan FREECHIP sebesar Rp. 55.000 Secara Cuma Cuma~
    Segera Daftar dan Hubungi kami Di :
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional
    Menang Berapapun Langsung Bayar!
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  2. Keuntungan mendapatkan Give Away Periode Natal 1 Free Chip 55 ribu
    Event ini bisa di ikuti siapa saja. Dalam Event Give Away ini akan di berikan kepada 100 pemenang yang mengikuti persyaratan yang telah ditentukan menurut admin panitia.
    Waktu Event ini akan di mulai dari tanggal 1 Desember 2017 s/d 24 Desember Pukul 00.00 WIB
    Dan hadiah nya akan di isikan ke userid anda pada tanggal 25 desember 2017 jam 00.00 WIB pada saat natal.
    Untuk Persyaratan mengikuti Event Give Away Periode Natal
    Anda bisa datang / hubungi Customer kami untuk bertanya persyaratan nya dan kami siap melayani anda sangat cepat.
    HP: +6281377055002
    BBM: D1A1E6DF
    YM: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    WECHAT ID: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    Terima Kasih Atas Kunjunganya...

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini