Masjid 'Tua' Muhammadan Gunakan Lapisan Putih Telur



WartaIslami ~ Berkunjung ke kawasan kota Tua Padang rasanya belum lengkap jika tidak mampir dan beribadah ke Masjid Muhammadan. Mesjid yang berlokasi di Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat ini, merupakan salah satu mesjid yang tertua di Kota Padang.

Saat menginjakan kaki di Masjid Muhammadan ini, masyarakat pasti akan terkagum-kagum. Ini karena, desain yang cukup bagus dengan ornamen masjid yang dihiasi warna putih dengan garis-garis hijau yang mendominasi.

Di bagian dalam, tidak terlihat mimbar seperti lazimnya masjid-masjid yang ada di Padang. Hanya ada jendela yang berbentuk seperti mimbar dan ditutupi kain hijau berlambang bulan dan bintang.

Masjid ini memiliki denah berukuran lebar 15 meter dan panjang 25 meter, yang bangunannya terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar merupakan tempat salat, sementara lantai dua dan tiga merupakan tempat istirahat yang juga digunakan untuk beberapa keperluan lain seperti memasak.

Namun keunikan Mesjid yang awalnya dibangun oleh tiga orang Muslim dari India ini, terletak pada proses pembangunannya yang menggunakan lapisan putih telur sebagai pengganti Semen. “Umur mesjid ini sekitar 300 tahun, Ini bisa dibilang sebagai mesjid pertama di Kota Padang, sejalan dengan Mesjid Raya Ganting,” ungkap Haji Mustafa yang merupakan salah satu tokoh masyarakat.

Lebih lanjut Pak Haji (biasa masyarakat memanggilnya) bercerita sejarah awal mesjid tersebut. Menurut cerita orang tua-tua yang ditanyanya, mesjid ini dibangun awalnya oleh tiga orang dari India yang tinggal menetap selama empat bulan.

“Awalnya mereka menetap dan seiring berjalan waktu, mereka mulai mengajar mengaji di sini, dan akhirnya banyak yang datang untuk ikut belajar. Selain itu mereka juga berdagang” ujarnya.

Saat membangun masjid, para saudagar India tersebut bergantian membawa bahan dari India untuk membagun masjid tersebut, “Bahan putih telurnya dari India, karena untuk Semen di jaman dulu susah mencarinya. Jadi putih telur tersebut di campur dengan kapur,” jelasnya.

Meskipun dibangun dengan putih telur, namun mesjid yang memiliki ciri khas arsitektur bangunan-bangunan di India bagian selatan ini tetap kokoh. Buktinya saat gempa hebat di tahun 2009, mesjid ini hanya mengalami retak-retak kecil.

Sejak berdiri, masjid ini tidak pernah sepi dari jamaah yang berkunjung, terlebih saat bulan suci Ramadan. “Jika hari-hari biasa, jamaah yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat, sesekali dari luar provinsi. Saat ini saja ada tiga romobongan dari India,” ungkapnya.


Resource Berita : republika.co.id
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Masjid 'Tua' Muhammadan Gunakan Lapisan Putih Telur"

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    ReplyDelete
  2. HADIR PERMAINAN BARU BALAP ANJ1NG dan PACUAN KUDA !!
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Segera daftar dan dapatkan keuntungan bermain di Bola vita
    Ajak teman anda bermain dan dapatkan Bonus Seumur Hidup
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini