Masih Malas Ibadah? Lihatlah Capaian 4 Orang Hebat Ini



WartaIslami ~ Saat malas mampir ke dalam diri, pasti ada sesuatu yang tidak beres. Bisa masalah ruhani yang tak diselesaikan. Bisa juga masalah pikiran yang menumpuk dan tak kelar-kelar. Atau kondisi fisik yang memang kurang memungkinkan untuk bergegas dalam kebaikan.

Saat malas tengah bergelayut manja itu, ada banyak kiat yang bisa kita lakukan untuk mengusirnya. Di antara sekian banyak kiat tersebut, salah satu yang paling utama adalah membaca dan menghayati kehidupan orang-orang shalih. Dengan mengisntal semangat mereka ke dalam diri, insya Allah semangat ibadah kita akan bertambah berlipat-lipat.

Jika masih malas ibadah, cobalah tengok kehidupan Imam Malik bin Anas Rahimahullah. Sosok penulis kitab hadits al-Muwatha’ ini sudah diberikan otoritas untuk memberikan fatwa di usia delapan belas tahun. Ketika umurnya dua puluh satu tahun, beliau sudah mulai duduk mengajar dengan jumlah murid tak terhitung dari kalangan orang-orang shalih masa itu.

Saat usia delapan belas atau dua puluh satu tahun, apa prestasi kita hingga masih bermalas-malasan?

Ketika diri dihampiri malas, cobalah cermati kehidupan Imam Muhammad bin Idris asy-Syafi’i. Sosok yang madhzabnya paling  banyak diikuti di Indonesia ini, kelar menghafal al-Qur’an al-Karim di usia tujuh tahun. Dua atau tiga tahun setelahnya, beliau telah berhasil menghafal dan menguasai semua hadits di dalam kitab al-Muwatha’ tulisan gurunya, Imam Malik bin Anas.

Saat tujuh atau sepuluh tahun itu, apa yang sudah kita lakukan? Apa yang sudah kita hafal?

Tatkala kemalasan menyergap diri kita, cobalah baca kehidupan Imam Ahmad bin Hanbal. Sosok penulis kitab Musnad ini mulai belajar hadits di usia enam belas atau tujuh belas tahun. Beliau belajar dengan sungguh-sungguh hingga mengalami ujian berat atas ulah zalim rezim penguasa kala itu.

Tatkala berada di usia enam belas atau tujuh belas tahun, apa yang mulai kita pelajari dengan serius dan bermanfaatkah ia untuk kehidupan akhirat kita?

Apabila rasa enggan menyergap diri ini untuk bergegas menuju Allah Ta’ala, cobalah pula berkenalan dengan Imam Abu Hanifah. Beliau yang mulanya tidak belajar agama, atas nasihat Imam asy-Sya’bi langsung mencari guru. Setelah itu, beliau mewakafkan seluruh waktunya untuk belajar ilmu fiqih dari banyak orang alim masa itu.

Masihkah kita bermalas-malasan setelah membaca sekelumit sejarah hidup empat orang hebat ini? Padahal antara kita dan mereka, jarak surganya amatlah jauh.

Wallahu a’lam.


Resource Berita : kisahikmah.com
3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Masih Malas Ibadah? Lihatlah Capaian 4 Orang Hebat Ini"

  1. Bolavita
    Dapatkan Keuntungan Daftar Sabung Ayam Online pada Agen Terpercaya
    Bolavita. org selalu memberikan banyak keuntungan
    daftar sekarang juga dan ambil Bonus nya!
    Ingat Sabung Ayam Ingat BOLAVITA
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Line : cs_bolavita
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  2. Selamat Siang :) Mau mendapatkan bonus deposit 50 ribu?
    segera deposit di POKERVITA dan dapatkan bonus menariknya!!
    hanya dengan deposit 100 ribu anda akan mendapatkan bonus deposit 50 ribu
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda dan dapatkan bonus nya!!

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  3. EXTRA BONUS BET NATAL DAN TAHUN BARU 2017

    Dalam rangka memeriahkan hari Natal dan Tahun Baru 2017 ID303 memberikan hadiah extra bonus bet sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Dapatkan hadiah Extra Bonus Bet khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja.

    DAFTAR DISINI GRATIS!!!

    Syarat & Ketentuan Berlaku
    Hubungi kami di:
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    line : cs.id303

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini