Sahabat yang Membeli Surga Dua Kali dari Nabi



WartaIslami ~ Surga bisa dibeli dengan banyak cara. Dengan shalat, wudhu, puasa, haji, dan amalan-amalan lain yang direkomendasikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sayangnya, banyak manusia di akhir zaman ini yang tidak tertarik dengan surga. Bahkan, yang tertarik pun justru melakukan amalan-amalan yang jauh dari makna membeli surga.

Berbicara surga, kita tidak bisa lepas dari generasi yang disebut ‘unik’ oleh Sayyid Quthb dalam Fi Zhilal al-Qur’an. Disebut demikian karena mereka belajar al-Qur’an hanya untuk diamalkan, bukan sekadar dihafal atau terkenal dan disebut sebagai hafizh atau hafizhah.

Generasi unik ini terdiri dari sekumpulan orang-orang shalih yang sangat berhasrat dengan surga. Raga mereka di dunia, tetapi pikiran dan hatinya terpaut dengan akhirat. Badan mereka masih hidup di bumi, tapi harapan dan imajinasinya berada di dalam surga yang penuh kenikmatan. Mereka masih di dunia, kala itu, tetapi seperti mencium wangi aroma surga.

Di antara mereka, ada yang disebut sebagai orang yang dua kali membeli surga dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Siapakah sosok terpilih ini?

Disampaikan oleh Imam al-Hakim, Abu Hurairah berkata, “’Utsman bin ‘Affan telah membeli surga dua kali dari Nabi Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam.”

Masya Allah… Dua kali? Kapan peristiwa itu terjadi? Dengan amalan apakah sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan membeli surga dari Rasulullah yang mulia?

Lanjut Abu Hurairah dalam riwayat yang dikutip oleh Dr. Raghib as-Sirjani dalam buku Siapa Membeli Surga ini, “Yaitu, ketika dia membeli mata air tawar dan membiayai pasukan jihad Jaisyul ‘Usrah pada Perang Tabuk.”

Itulah ‘Utsman bin ‘Affan sang dermawan. Sosok khalifah pengganti ‘Umar bin Khaththab ini memang kaya, memiliki banyak perbendaharaan dunia, pebisnis sukses, dan terdepan dalam jihad serta shalat. Harta, bagi suami Nailah ini, hanya sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Maka, letaknya pun tak pernah di hati, hanya di tangan; diupayakan, didapat, lalu disalurkan di jalan Allah Ta’ala.

Justru karena keyakinan seperti itulah, harta mendatangi ‘Utsman bin ‘Affan. Alhasil, beliau pun masuk dalam deretan nama sahabat kaya harta dan hati bersama ‘Abdurrahman bin ‘Auf dan sederet dermawan lainnya.


Resource Berita : kisahikmah.com
3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Sahabat yang Membeli Surga Dua Kali dari Nabi"

  1. Rayakan hari raya natal bersama kami POKERVITA
    Dapatkan bonus freechip 50ribu dengan minimal deposit hanya 100 ribu
    dalam 1 hari kalian bisa klaim 1 kali saja dan berlaku setiap harinya!!
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    menarik bukan :) yuk segera bermain di POKERVITA dan dapatkan bonusnya!!

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  2. Anda Pemain Yang Handal? Punya Nyali Besar?
    BOLAVITA. ORG Menawarkan
    Permainan Judi Online Yang Cocok Untuk Pemain Handal
    daftar sekarang juga dan Ajak Teman Anda Bergabung
    Dapatkan BONUS SEUMUR HIDUP!
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Line : cs_bolavita
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  3. Numpang Promo ya Bos
    Welcome
    POKERVITA

    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    POKER TERBAIK
    POKER TERNYAMAN
    POKER TERBAIK
    TRAILER FILM
    Contact Us Person :
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154
    Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini