Sebelas Pangeran Arab Saudi Ditangkap, Mengapa Terjadi Pada Empat November?



WartaIslami ~ Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (UI) Abdul Mutaali mengatakan, dipilihnya tanggal empat November dalam penangakapan sebelas pangeran, empat menteri aktif, dan puluhan mantan menteri oleh lembaga anti-korupsi Arab Saudi, Nazaha, bukan tanpa alasan.

“Kenapa empat November? karena empat November Sabtu malam itu bersamaan ketika Iran sedang merayakan tiga puluh delapan tahun pengambil alihan Kedubes Amerika di Iran (Revolusi Islam Iran),” kata Mutaali di Universitas Indonesia Depok, Selasa (7/11).

Dengan melakukan penangkapan pada empat November, jelas Mutaali, Arab Saudi ingin mengambil alih perhatian dunia. Dalam hal ini, Arab Saudi berhasil karena media-media internasional lebih banyak memberitakan apa yang terjadi di Saudi daripada perayaan peringatan Revolusi Islam Iran.

“Berbicara Timur Tengah itu berbicara soal pengaruh. Siapa yang paling berpengaruh,” ucapnya.

Dari tahun ke tahun, Negara-negara Timur Tengah seakan berlomba untuk menjadi yang paling berpengaruh diantara yang lainnya. Tahun delapan puluhan ada perang Irak-Iran. Tahun sembilan puluhan ada perang Teluk. Saat ini, Timur Tengah bisa dikata yang berpengaruh itu ada tiga negara saja yaitu Iran dengan sekutunya, Arab Saudi dengan sekutunya, Qatar dan Turki.

Selain itu, pada tanggal empat November pula Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri mengundurkan diri. Mundurnya Hariri tentu menimbulkan disintegritas dan dan instabilitas di Lebanon.

“Yang menarik, setelah mundur Hariri berada di Riyadh,” ujarnya.

Menurut Mutaali, ini juga ada kaitannya dengan kehebohan yang terjadi di Arab Saudi. Dengan mundurnya Hariri yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan Arab Saudi, Saudi ingin menunjukkan kepada Negara-negara Timur Tengah lainnya bahwa dia memiliki pengaruh yang besar terhadap negara tersebut.

“Dalam kondisi ini, tanpa Saudi di Lebanon coba lihat. Terjadi disintegritas dan instabilitas,” pungkasnya. (Muchlishon Rochmat)



Resource Berita : nu.or.id
1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "Sebelas Pangeran Arab Saudi Ditangkap, Mengapa Terjadi Pada Empat November?"

  1. Banyak Kerugian bermain judi bola online pada agen abal-abal
    Jangan Sampai Anda Rugi Karena Tidak Gabung Bersama Kami
    BOLAVITA. ORG
    Agen Terbaik Dan Terpercaya! Buktikan Sendiri Sekarang Juga
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini